Trio Prasetio Prahasto, Kadis Kepora Sultra yang Hobi Pelihara Ikan Koi

KENDARI, CORONGSULTRA.COM – Saat ini banyak orang memelihara ikan hias, salah satunya ikan Koi. Seperti yang dilakukan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kepora) Sulawesi Tenggara Trio Prasetio Prahasto.

Bermula ketika dua bertemu beberapa penggemar ikan Koi di Kota Kendari salah satunya Kapolsek Ranomeeto yang mengajaknya melihat ikan Koi peliharaannya.

“Waktu itu dia ajak saya jalan-jalan di kantornya, dan di situ ada beberapa ikan Koi di kolamnya sehingga saya tertarik untuk memelihara ikan tersebut,” kata Trio ketika ditemui di lokasi kolam ikan Koi-nya hari Sabtu pekan lalu.

Dari pertemuan itu, dia akhirnya memilih untuk memelihara ikan Koi yang sekarang jumlahnya cukup banyak. Kemudian keluarga dan orang-orang terdekatnya yang melihat dan tertarik menyukai ikan hias tersebut.

“Berawal dulu karena salah satu lahan saya yang kosong lumayan ada space kemudian memelihara ikan Koi karena ingin suasana itu ada suara gemericik air,” jelasnya.

Mantan Sekretaris DPRD Sultra ini menyebut, memelihara ikan Koi bisa mengobati kejenuhannya setelah seharian bekerja.

“Kalau kita lagi stres ya saya datang ke sini melihat. Alhamdulillah bisa terobati dengan melihat ikan Koi dengan air mengalir, ini juga satu terapi untuk menghilangkan rasa jenuh,” tuturnya.

Menurutnya memelihara ikan Koi butuh ketekunan, kesabaran, dan kedisiplinan. “Artinya memelihara ikan Koi itu pertama, airnya harus bersih, pakannya jangan ikannya sampai kenyang minimal dua kali sehari dikasih makan,” ujarnya.

Belum lagi kata Trio, kendala pada penyakit yang menyerang ikan Koi seperti jamur insan ataupun kutu kura-kura.

“Itu kita obati sendiri, ya sering-seringlah saya membaca buku-buku atau menonton youtube penggemar ikan Koi yang sukses,” katanya.

Namun kendala tersebut tidak membuatnya berhenti memelihara ikan Koi. Menurut Trio itu adalah tantangan bagaimana bisa menambah koleksi ikan Koi-nya yang sekarang beberapa jenis ikan Koi diantaranya Kohaku, Sowa, Sancho, Shiro, dan Ogun.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *