Pemkot Kendari Ambil Alih Pengelolaan Pasar Basah Mandonga

KENDARI, CORONGSULTRA.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari resmi mengambil alih pengelolaan pasar basah Mandonga dari pengelola lama PT. Kurnia Sulawesi Karyatama, Senin (13/2/2023.

Penyerahan pengelolaan pasar di belakang Mall Mandonga itu dilakukan lewat penandatanganan berita acara antara Pemkot dan PT. Kurnia, Senin (13/2/2023) siang.

Penyerahan pengelolaan pasar basah Mandonga mendapat dukungan dan sambutan baik dari para pedagang yang menyaksikan langsung serah terima tersebut.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, penyerahan pengelolaan pasar basah Mandonga ini menjadi tantangan dalam menjawab keinginan para pedagang.

“Ini tantangan bagi Pemerintah Kota Kendari untuk menghadirkan pasar yang lebih nyaman, lebih bagus, lebih bersahabat baik pada pedagang dan pembeli,” katanya.

Di kesempatan itu Asmawa mengungkapkan, pasca pengambil alihan, Pemkot juga akan menggratiskan sewa kios dan lapak pedagang selama tiga bulan, terhitung Februari, Maret, dan April. Sebagai kado ulang tahun Pemkot kepada pedagang di momen perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-192 Kota Kendari tanggal 9 Mei 2023.

Ini juga salah satu upaya Pemkot untuk mengendalikan inflasi di Kota Kendari.

Dengan penyerahan pengelolaan pasar basah Mandonga, Asmawa berharap pelayanan terhadap pedagang semakin baik. Namun mereka harus membantu pemerintah dalam menjaga kebersihan pasar.

“Dari sisi pelayanannya, bisa menghadirkan pasar tradisional, tapi citarasa modern itu harapan pemerintah kota,” kata Asmawa.

Selama masa transisi peralihan pengelola lama ke baru, untuk sementara pengelolaan pasar akan dilakukan Dinas Perdagangan setempat, sambil melakukan pembenahan diantaranya, perbaikan masjid, dan penyediaan mesin pompa air di lantai dasar karena rawan banjir.

Pemkot juga telah menggarkan pembenahan sudah disiapkan dalam APBD tahun 2023. Setelah itu, Pemkot akan kembali menyerahkan pengelolaan pasar pada pihak ke tiga, namun dengan sistem yang lebih baik.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *