HPSN 2023, Pemkot Baubau Kerja Bakti Pungut Sampah

BAUBAU, CORONGSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melaksanakan kerja bakti dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 yang dipusatkan di Pasar Wameo, Kota Baubau Selasa (21/2/2023).

Kerja bakti bersih-bersih dilaksanakan di sejumlah lokasi dalam wilayah Kota Baubau yakni Pasar Laelangi dan Pasar Lama, Pasar Wameo, Benteng Keraton, Jembatan Gantung sampai Jembatan Beli Tanggul, dan Pasar Nugraha.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengatakan, kerja bakti di beberapa lokasi tersebut akan memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan dan kebersihan Kota Baubau.

Monianse bilang, HPSN tahun ini menjadi momentum semua pihak untuk bergerak dan peduli terhadap sampah agar kondisi lingkungan terjaga dengan baik.

“HPSN 2023 mengambil tema tuntas kelola sampah masyarakat. Untuk kesejahteraan keterlibatan berbagai pihak dalam upaya pengelolaan sampah perlu kita tingkatkan, karena keberhasilan upaya pengelolaan sampah memerlukan kolaborasi program baik pusat, daerah. Dunia usaha, dan masyarakat,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, sampah menjadi persoalan serius di mana jumlah sampah yang dikelola di TPA Wakonti Kota Baubau sebesar 100 ton perhari yang berarti akumulasi selama 1 tahun sebesar 36,500 ton pertahun.

Dengan jumlah sampah tersebut maka pengelolaannya di tingkat industri rumah tangga, pasar, dan semua sektor memerlukan kerjasama semua untuk memilah, mengolah dan memanfaatkan sampah.

“Sehingga dengan demikian keterlibatan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat menjadi penting dan resonansi kepedulian persoalan sampah secara terus menerus sungguh di perlukan,” katanya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *