Ajak Nelayan Kendari Daftar Kartu Kusuka, Imran Ismail: Banyak Manfaatnya

KENDARI, CORONGSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Perikanan setempat untuk tahun ini membuat program-program pemberdayaan nelayan yang ada di Kota Kendari yang berjumlah sekira 16.970.000.

Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kota Kendari, Imran Ismail mengatakan, mana program-program tersebut diantaranya sarana dan prasarana tangkap ikan, budidaya ikan, dan pemasaran.

Adapun prasarana tangkap, bantuannya berupa pembuatan kapal dan jaring, untuk budidaya ikan akan diberikan benih melalui balai benih ikan air tawar.

“Sedangkan untuk pengolahan ikan. Dinas Perikanan akan memberikan bantuan berupa pendingin atau kolstorik, bantuan untuk memasak untuk bagi penjual ikan dan ini fokus bantuan tahun 2023,” katanya, Jumat (10/3/2023).

Imran mengatakan, untuk mendapatkan bantuan tersebut ada syaratnya yakni harus memilik Kartu Kusuka dan akan di
berikan secara perkelompok.

“Jadi dalam keputusan menteri harus perkelompok dan memiliki Kartu Kusuka,” ujarnya.

Kartu Kusuka ini kata Imran, merupakan kartu indetitas bagi nelayan perikanan di Kota Kendari.

“Kartu Kusuka itu merupakan kartu indetitas bagi yang sudah terdata maupun yang sudah menerima bantuan tersebut, dan dalam data Dinas Perikanan sudah hampir 5.000 nelayan sudah memiliki kartu tersebut dan kartunya mirip dengan KTP,” ungkapnya.

Imran bilang, cara mengurus Kartu Kusuka sangatlah mudah, dengan cara tinggal melapor pada penyuluh-penyuluh perikanan yang ada di Kota Kendari.

“Dan tinggal di-input dan ini akan konek di Kementrian Perikanan,” tutupnya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *