Ruksamin Deklarasi Maju Calon Gubernur Sultra 2024

KENDARI, CORONGSULTRA.COM – Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin mendeklarasikan dirinya maju calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2024.

Hal itu dia sampaikan dalam acara Soft Launching Program Unggulan Sultra 2024 yang digelarnya di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (14/3/2023) malam.

Di hadapan pendukungnya, Ruksamin menyampaikan visinya “Sultra Pusat Energi Dunia”.

Dia menjalani, visi tersebut dia bangun dari keyakinan dan harapan terhadap potensi sumber daya alam dan kekayaan adat istiadat Sultra.

“Memiliki kandungan nikel hingga 97 miliar ton dengan luasan 480 ribu hektare, Sultra hampir menguasai sepertiga kebutuhan dunia untuk memproduksi baterai listrik dan baja tahan karat,” ucapnya.

Dengan kondisi tersebut, Ruksamin bilang, Sultra akan mendapatkan keuntungan ekonomi yang melimpah dari aktivitas pertambangan nikel.

Namun katanya, Sultra tidak boleh puas hanya sebagai pemasok bahan mentah nikel seiring dengan habisnya cadangan tambang.

Menurutnya, dibutuhkan hilirisasi perindustrian diversifikasi investasi agar keuntungan yang didapatkan masyarakat lokal bersifat eksponensial dan dapat dinikmati hingga waktu tak terhingga.

Ditopang dengan nilai-nilai luhur tradisi yang bersanding dengan ajaran agama (Inae Konasara Iye Pinesara, Inae Liasara Iye Pinekasara), Ruksamin mengungkapkan, Sultra memiliki kemampuan yang kuat untuk bertransformasi menjadi “Pusat Peradaban Baru” yang maju, madani, dan berkeadilan.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *