Koltim Optimalisasi GEMAS di Tahun 2024

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Untuk merencanakan program pembangunan tahun 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) menggelar Musrenbang di 11 Kecamatan, yang dimulai tanggal 9-11 Februari 2023.

Dalam giat Musrenbang ditetapkan tema pembangunan tahun 2024 yaitu “Pembangunan Berkelanjutan serta Optimalisasi Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat” atau disingkat GEMAS.

Dalam mewujudkan tema tersebut ditetapkan prioritas pembangunan, yaitu pembangunan manusia melalui peningkatan akses pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan.

Berikutnya, percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan pelestarian lingkungan hidup, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata, UMKM, dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Koltim Abdul Azis menjelaskan, kegiatan Musrenbang adalah mengakomodir aspirasi dan kebutuhan masyarakat, yang kemudian akan dipadukan dengan kebijakan dan prioritas program pembangunan pemerintah melalui organisasi perangkat daerah.

Capaian tersebut diantaranya, perekonomian Koltim berhasil tumbuh 4,83 persen dimana pada masa Covid-19 mengalami perlambatan sebesar 0,31 persen.

“Indeks pembangunan manusia (IPM) terus mengalami peningkatan dari 67,02 persen naik menjadi 67,76 persen,” katanya saat menutup kegiatan Musrenbang di Kecamatan Mowewe, Rabu (22/2/2023).

Lanjut Bupati, jumlah penduduk miskin mengalami penurunan dengan persentase sebesar 14,35 persen.

“Kita harapkan Musrenbang yang kita laksanakan hari ini, menjadi salah satu upaya mencapai target-target pembangunan di tahun 2024 sebagaimana tersebut kami sebutkan,” harapnya.

Sebagai sebuah proses tahunan katanya, Musrenbang diharapkan dapat menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat, olehnya itu dia mengharapkan kepada seluruh komponen selaku pembangunan yang hadir, untuk memberikan sumbangan pemikiran.

Sehingga melalui Musrenbang ini, dapat mengakomodir aspirasi dan kebutuhan masyarakat, yang kemudian akan dipadukan dengan kebijakan dan prioritas program pembangunan pemerintah melalui organisasi perangkat daerah.

Oleh karena itu, Pemkab Koltim telah mencanangkan program GEMAS untuk mempercepat akselerasi pencapaian visi misi dalam RPJMD 2021- 2028, yaitu sejahtera bersama masyarakat yang agamis, maju, mandiri dan berkeadilan.

Bupati menjelaskan, GEMAS merupakan program pembangunan terintegrasi, yang saling terhubung, melibatkan berbagai sektor sehingga perencanaan pembangunan diharapkan mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah, dan masyarakat Koltim secara tepat dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kita sadari, masih banyaknya permasalahan yang muncul, baik langsung maupun tidak langsung, yang tentunya menuntut sistem pengelolaan pemerintahan dan pembangunan yang responsif, inovatif dan berkelanjutan dalam upaya memaksimalkan berbagai potensi dan keunggulan daerah,” tuturnya.

Untuk itu Bupati mengajak suruh komponen masyarakat untuk bersatu, karerena dengan dukungan kondusifitas wilayah komitmen semua stakeholder di wilayah ini berbagai rencana pembangunan akan dapat diwujudkan. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *