Jadi Tuan Rumah HUT Sultra, Bupati Optimis Ekonomi Masyarakat Koltim Meningkat

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM –
Kabupaten Kolaka Timur atau Koltim, akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-59 tanggal 27 April 2023 mendatang.

Untuk itu, berbagai sarana pendukung demi suksesnya kegiatan akbar tersebut sedang dan sudah dipersiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim. Salah satunya lokasi atau lahan untuk HUT Sultra yang akan ditempati nantinya sudah siap.

Usai menggelar rapat persiapan HUT ini di Kantor Bupati Koltim pada Rabu (29/3/2023) sore, Bupati Koltim Abdul Azis SH,MH bersama Kapolres Koltim AKBP Yudi Palmi Dj SIK MSi, Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir SPd MPd, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi.

Kemudian perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemda Koltim, langsung menuju belakang Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Koltim di Desa Matabondu, Kecamatan Tirawuta atau lokasi perayaan HUT tersebut.

Di sini, Bupati bersama rombongan meninjau berbagai item kegiatan penyiapan lahan tersebut. Diantaranya, pembersihan, penimbunan dan pemerataan lokasi, dengan jumlah keseluruhan seluas 8 hektar.

“Alhmadulillah, kalua kesiapan lokasi perayaan HUT nantinya, kita sudah sangat siap. Tinggal koordinasinya saja kepada semua pihak, bagaimana nanti pas mau dilaksakana, semua sudah siap,” kata Bupati, Senin (3/4/2023).

Bupati optimis kegiatan perayaan HUT Sultra bisa meningkatkan ekonomi masayarakat Koltim karena banyaknya tamu yang datang berkunjung maupun berbelanja di Koltim.

Belum lagi sejumlah tempat penginapan dan rumah warga yang dijadikan tempat singgah bagi tamu undangan ataupun orang-orang dari luar Koltim datang untuk melihat perayaan peringatan HUT Sultra.

Menurutnya ini dapat dilihat pada perayaan memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Koltim bulan Januari 2023, masyarakat Koltim khususnya UMKM sangat merasakan manfaat ekonomi dari kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) PUPR Koltim Arisman, SE mengatakan, selain perkerasan lokasi, juga dilakukan pembukaan perluasan jalur belakang sebagai jalan alternativ nantinya, untuk jalur kendaraan keluar masuk areal wilayah lokasi HUT.

“Sehingga tidak terjadi kemacetan kendaraan yang berdatangan dari dalam Koltim, maupun dari luar Koltim,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan Halo Sultra pameran pembangunan dalam rangka HUT Sultra ke-59 ini, akan dilaksanakan pada Tanggal 3-7 Mei 2023.

Kegiatan tersebut akan menampilkan berbagai item kegiatan, seperti pameran produk masing-masing kabupaten dan kota, serta penampilan sejumlah artis ibu kota.

Senada dengan kesiapan ini, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Persandian dan Statistik Koltim I Nyoman Abdi SPd MPd mengunkapkan, untuk kesiapan penginapan dan rumah untuk delegasi Pemprov Sultra dan 17 kabupaten kota se-Sultra, sementara proses identifikasi.

Nyoman bilang, sambil menunggu daftar sesuai penunjukan, serta kesiapan kuliner yg nantinya akan di support oleh UMKM selama kegiatan ini berlangsung.

“Intinya, kami akan terus update info perkembangan terkait persiapan perayaan HUT Sultra ini,” ujarnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *