Tugas Bidan Sangat Penting untuk Kesehatan Ibu dan Anak di Koltim

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Keberadaan bidan di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) sangatlah penting untuk menjamin kelangsungan hidup sehat seorang ibu dan anak.

Demikian dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Koltim Abdul Azis, SH, MH saat membuka Rapat Kerja Cabang I Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Koltim, di Aula Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim, Jumat (19/5/2023).

“Keberadaan bidan, sangat strategis untuk pembinaan, pelayanan dan pembangunan kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Kolaka Timur. Terlebih lagi, tugas pokok dan fungsi bidan itu merupakan garda terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” ucap Azis.

Olehnya itu katanya, bidan harus menunjukkan perannya ditengah masyarakat, sebagai pelayan kesehatan perpanjangan tangan pemerintah disektor kesehatan, dalam menciptakan kesehatan ibu dan anak yang unggul, sehat, dan berkualitas.

Azis berharap, semoga tugas dan amanah yang diberikan kepada pengurus IBI Koltim, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, serta dapat menjadi mitra pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan dan tumbuh kembang kesehatan ibu dan anak, serta menurunkan angka stunting di daerah ini.

“Oleh karena itu, bidan bersama organisasi profesi IBI, harus senantiasa meningkatkan kualitas kinerja, salah satunya mengikuti seminar-seminar atau workshop. Dengan kinerja yang baik, yang berkualitas, seorang bidan mampu memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat, yang berdampak menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu), dan AKB (Angka Kematian bayi),” tuturnya.

Laporan: Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *