Tahun Ini Kabupaten Muna Akan Berangkatkan 73 Calon Jamaah Haji

MUNA, CORONGSULTRA.COM – Calon Jamaah Haji (Calhaj) asal Kabupaten Muna yang akan melaksanakan ibadah haji ke Mekkah sebanyak 73 orang yang tergabung dalam kloter 28. Mereka rencananya akan bertolak ke Makassar pada tanggal 11 Juni 2023 mendatang yang selanjutnya akan berangkat ke tanah suci.

Adapun rincian calhaj asal Muna tersebut, laki -laki berjumlah 29 orang, sementara perempuan berjumlah 44 orang . Dari jumlah itu, calhaj termuda atas nama Santi Febrianti yang yang berusia 29 tahun, berdomisili di Kabangka, sementara yang tertua Wa Ndohu yang berusia 82 tahun berasal dari Tongkuno.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Muna, Drs, H. Kamaruddin, M.Si mengatakan, ada dua alternatif yang akan diambil untuk memberangkatkan para calhaj, yakni melalui Bandara Sugi Manuru atau Bandara Halu Oleo.

” Ada dua alternatif ini apakah berangkat dari Bandara Sugimanuru, atau Halu Oleo. Saat ini kami masih komunikasi dengan pihak bandara,” katanya, Kamis (25/5/2023) .

Dikatakan, jumlah calhaj yang berangkat tahun ini bertambah dari tahun 2022 lalu yang berkisar 30-an lebih. Jumlah tersebut tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah Saudi Arabia seiring dengan maraknya pendemi Covid -19 beberapa tahun belakangan.

“Tahun kemarin mereka yang menunaikan ibadah haji, hanya yang berusia 65 tahun ke bawah. Namun saat ini, rata rata berusia di atas itu,” ungkapnya.

Kamaruddin berpesan kepada para Calhaj agar menjaga kesehatan, karena ibadah haji merupakan ibadah fisik.

“Kami imbau kepada para calon jamaah haji, agar menjaga kesehatan, semoga menjadi haji yang mabrur, serta jumlah jamaah yang diberangkatkan ke tanah suci sama dengan jumlah yang pulang ke tanah air nanti,” tutupnya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *