Pemkab Koltim Wujudkan Daerah Sentra Pertanian dan Perkebunan

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim di bawah kepemimpinan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Koltim Abdul Azis, SH, MH terus berupaya mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan.

Upaya yang dilakukan Pemkab Koltim pelan tapi pasti mulai menunjukkan hasil. Seperti yang terlihat pada kegiatan Panen Raya Komoditi padi sawah, di Desa Andowengga Kecamatan Poli-Polia, Selasa (16/5/2023).

Paneb raya padi turut hadir Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir SPd MPd, yang mewakili Dandim 1412 Kolaka, sejumlah pimpinan OPD, Camat, kepala desa, sejumlah ketua gapoktan se-Kecamatan Poli-Polia, dan ratusan masyarakat sekitar.

Melalui panen raya ini, Plt Bupati Koltim Abdul Azis berharap semoga panen tahun ini, bisa jauh melimpah dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pemda juga terus berusaha, bagaimana bantuan-bantuan dari kementrian terkait, bisa turun ke Kolaka Timur. Sehingga, bisa membantu mengurangi beban masyarakat khususnya petani. Semoga dengan kehadiran saya hari ini pula, dapat memberikan solusi dan membantu para petani di Desa Andowengga ini,” katanya.

Sektor pertanian sawah sangat strategis dikembangkan di Koltim, apalagi didukung dengan infrastruktur Bendungan Ladongi yang dibangun oleh pemerintah pusat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Koltim Dr. Idarwaty mengatakan, Dengan dukungan irigasi dari Bendungan Ladongi, Idarwaty mengungkapkan, Kabupaten Koltim bisa menghasilkan sekira 140 an ribu ton beras per tahunnya.

Bupati Canangkan Penanaman Durian Musangking

Tidak hanya di sektor pertanian, Pemkab Koltim juga melirik sektor ungulan tanaman perkebunan, salah satunya pohon Durian. Plt Bupati Koltim Abd Azis SH MH, melakukan penanaman perdana Durian Musangking, pada Minggu (14/5/2023) di Desa Matabondu Kecamatan Tirawuta.

Kegiatan penanaman perdana Durian Musangking ini, dalam rangka mendukung Gerakan Menanam 10.000 Pohon Durian Musangking di Kabupaten Koltim.

Kegiatan yang dikelola Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Koltim ini, juga diikuti Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, sejumlah anggota DPRD Koltim, unsur TNI/Polri, sejumlah pimpinan OPD dan masyarakat sekitar.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *