71 Pelajar Sultra Ikut POPNAS XVI Palembang, Bertanding di 12 Cabor

KENDARI, CORONGSULTRA.COM – Sebanyak 5.266 atlet pelajar dari 34 Provinsi se-Indonesia siap bertanding pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI tahun 2023 di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang diadakan mulai tanggal 27 Agustus hingga 3 September 2023.

Pada event tingkat nasional tersebut, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kepora) Sultra mengirimkan 71 atlet pelajar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kepora Sultra Trio Prasetio Prahasto melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Prestasi Olahraga, Jamaruddin mengatakan, ke-71 atlet pelajar terbaik tersebut merupakan hasil seleksi dan ditambah dari atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP).

“Ke-71 atlet pelajar ini adalah atlet-atlet terbaik dari pelajar SMP dan SMA dari Kabupaten/Kota se-Sultra dan ditambah atlet kita dari PPLP,” katanya lewat telepon, Senin (28/8/2023) di Sumsel.

Jamaruddin menyebutkan, 71 atlet pelajar ini akan bertanding di 12 cabang olahraga (Cabor) yaitu dayung, pencak silat, tinju, sepak takraw, menembak, panahan, atletik, renang, taekwondo, karate, wushu, dan kempo.

Dikatakannya, selain 71 atlet pelajar, kontingen POPNAS Sultra didukung 11 orang official dan 19 pelatih.

Jamaruddin menambahkan, atlet dayung Sultra telah berlaga di Kelas Rowing Putra Putri dan besok (hari Selasa) akan bertanding di Semifinal yang digelar di Venue Dayung Jakabaring Sport City, Palembang, Sumsel.

Sedangkan di Kelas Canoeing, Jamaruddin mengatakan, atlet dayung akan berlaga hari Rabu tanggal 30 Agustus 2023.

POPNAS XVI Sumsel resmi dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo di gedung Palembang Sport Center Convention (PSCC), Minggu (27/8/2023) malam.

Mengutip laman berita Antara, Menpora mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan itu.

“Saya menyampaikan apresiasi terutama terhadap kesiapan Sumsel menjadi tuan rumah tunggal setelah sebelumnya Provinsi Bangka Belitung (Babel) memutuskan untuk mundur menjadi tuan rumah Popnas tahun ini,” ucapnya.

Selain itu Menpora juga mengapresiasi tiga provinsi yang mengirimkan kontingen terbanyak pada Popnas kali ini yakni tuan rumah Sumsel sebanyak 371 atlet, Jawa Barat 398 atlet, dan DKI Jakarta 349 atlet.

“Saya juga mengapresiasi semua atlet yang bertanding dan mengharapkan Popnas merupakan titik awal untuk kedepannya bahkan mewakili Indonesia di Olimpiade,” ujar Menpora.

Untuk diketahui POPNAS XVI diikuti peserta dari 34 provinsi di Indonesia dengan mempertandingkan 22 cabang olahraga (atletik, angkat besi, balap sepeda, bola basket, voli indoor, bulutangkis, dayung, judo, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepak takraw, sepak bola, taekwondo, tenis, tinju, wushu) dan 335 nomor pertandingan. 

Dari 22 cabor itu di dalamnya terdapat 14 cabor unggulan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) diantaranya atletik, senam, taekwondo, pencak silat, renang, sepakbola, menembak, wushu, karate, bola basket, panahan, dan beberapa cabor non unggulan DBON seperti sepak takraw, tinju dan voli pasir. 11 cabor diantaranya digelar Jakabaring Sport Center.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *