Keseriusan Pemkot Kendari Mengelola Sampah, Menarik Perhatian Bank Dunia

KENDARI, CORONGSULTRA.COM – Bank Dunia membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menangani sampah dengan berencana membiayai pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST).

Untuk memantapkan proyek bantuan tersebut perwakilan Bank Dunia difasilitasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) serta didampingi Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu bersama beberapa pejabat terkait meninjau Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) Puuwatu yang akan dibangun TPST, Senin (28/8/2023).

Di kesempatan itu, Asmawa mengatakan, Pemkot Kendari ingin mengembalikan kondisi TPA Puuwatu seperti 7 atau 8 tahun lalu yang pernah menjadi tempat penanganan yang terbaik di Indonesia.

Asmawa mengungkapkan, untuk memaksimalkan kondisi TPA Puuwatu seluas hampir 25 hektare, pihaknya akan membangun TPST lengkap dengan fasilitasnya, dan membutuhkan anggaran sekira Rp 80 miliar di tahun 2024.

“Untuk pengembangan TPST TPA Puuwatu telah tersedia kurang lebih 1,6 hektare luasannya dengan sertifikat milik pemerintah kota Kendari,” ungkapnya.

Asmawa berujar, rencana pengembangan TPST, Pemkot telah menyediakan sejumlah anggaran untuk study kelayakan (Feasibility Study (FS)) dan Rancang Bangun Rinci (Detail Engineering Design (DED) di APBD Perubahan tahun 2023.

“Rencananya peluncuran rencana pembangunan akan dilakukan akhir Desember 2023 dirangkaikan dengan kegiatan Gerakan Inovasi Langsung Aksi dalam penanganan sampah (GILA Sampah),” ujarnya.

Di tempat sama, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah ( SUPD) II Bina Pembangunan Daerah (Bina Bangda) Kemendagri Suprayitno mengatakan, Program Peningkatan Penyediaan Layanan Lokal atau Local Service Delivery Improvement Project (LSDP) memiliki banyak peminat.

Mereka mencatat, di awal sekira 80 daerah mengusulkan, kemudian disaring menjadi 46 daerah dan terakhir tersisa 6 daerah termasuk Kendari.

“Kendari menjadi salah satu contoh karena kesiapan Kota Kendari, konon kabarnya 5 tahun, 6 tahun lalu, TPA di sini menjadi yang terbaik di Indonesia,” kata Suprayitno.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *