Pj Gubernur Andap Sebut 6 Tantangan Nasional Berdampak ke Sultra

KENDARI, CORONGSULTRA.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto mengatakan, ada 6 tantangan nasional pada tahun 2023 dan tahun 2024 mendatang yang berpotensi serta berdampak pada Provinsi Sultra.

Hal itu dia sampaikan dalam rapat koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, Senin (11/9/2023).

Tantangan pertama kata Pj Gubernur, yakni terus berkelanjutannya disrupsi logistic global sehingga sulit menekan inflasi nasional terutama di kelompok komoditas pangan;

“Kedua perubahan iklim ekstrem termasuk El-nino berdampak pada semakin tingginya temperature dan kekeringan ekstrim menurunkan daya adaptabilitas dan produktivitas tanaman yang mengancam ketahanan pangan,” ucapnya.

Ketiga, muncul kepermukaan ketimpangan antat segmen ekonomi masyarakat yang tercermin dalam gini rasio;

Keempat, lunturnya kepedulian dan kohesi sosial yang sebelumnya cukup kuat pada saat pandemic covid-19;

Kelima, menguatkan tuntutan masyarakat agar pemerintah dapat memberikan jaminan keamanan (pangan, energi, air dan kambtibmas) dan kepastian hukum di tengah ketidakpastian global; dan

“Keenam, tahapan pemilu 2024 yang berpotensi kembali mempolarisasi masyarakat serta tantangan pasca pemilu 2024 untuk mengembalikan trust terhadap pemerintah,” katanya.

Dalam rakor tersebut dipaparkan kondisi inflasi Sultra Per-Agustus 2023 sebesar 3,52 persen YOY, diatas rata-rata nasional sebesar 3, 27 persen YOY. Namun secara month to month Sultra mengalami deflasi sebesar 0,12 persen.

Inflasi Sultra dipantau dari 2 Kota yakni Kota Kendari sebesar 3,35 persen secara YOY dan Kota Baubau sebesar 4,11 persen secara YOY.

Dengan rata-rata harga pangan pokok dan strategis di tingkat konsumen sampai dengan tanggal 10 September 2023 cenderung fluktuatif dan ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga di banding minggu lalu, yakni beras premium naik sebesar 0,11 persen, beras medium 0,07 persen, telur ayam ras 0,01 persen, minyak goreng curah 1,01 persen dan ada juga yang mengalami penurunan harga seperti cabai rawit merah, bawang merah, dan cabai merah kriting.

Pj Gubernur mengikuti rakor Pengendalian Inflasi di daerah yang setiap minggunya melalui zoom meeting yang diadakan Kementerian Dalam Negeri (Mendagri RI) dilaksanakan secara virtual.

Rakor ini serempak diikuti seluruh Kepala daerah se-Indonesia dipimpin langsung oleh Mendagri RI Tito Karnavian, dihadiri sejumlah pejabat Kementerian/Lembaga.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *