Mitigasi Pangan, Bupati Koltim Salurkan Bantuan Beras Cadangan

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abdul Azis, SH, MH menyalurkan bahan pangan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) beras tahap II di wilayah Koltim

Pelepasan penyaluran bersama cadangan tersebut berlangsung di Gudang Bulog Koltim Desa Tawainalu Kecamatan Tirawuta, Rabu (20/9/2023).

Bupati Abdul Azis dalam sambutannya mengatakan, bantuan ini dalam rangka antisipasi, mitigasi, dan pelaksanaan penanggulangan kekurangan pangan.

“Yang dapat berdampak pada terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga,” ucapnya.

Dia mengatakan, pemberian bantuan pangan tahap pertama telah selesai dilaksanakan. Sehingga perlu dilaksanakan penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk pemberian bantuan pangan tahap kedua agar berkesinambungan.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan masyarakat Koltim, Abdul Azis menyampaikan apresiasi dan terima kasih membantu penyaluran bantuan beras cadangan.

“Di kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi kepada Perum Bulog, atas penyelengaraan pelepasan penyaluran bantuan beras cadangan pangan pemerintah. Penyaluran bantuan beras ini, merupakan wujud kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat dengan tujuan mengurangi beban pengeluaran bagi penerima bantuan,” katanya.

Untuk kelancaran penyaluran bantuan, Abdul Azis mengimbau kepada seluruh organisasi perangkat (OPD) terkait, Forkopinda, para Camat, Lurah dan Kepala Desa bersama seluruh jajarannya di tingkat bawah, untuk mengambil langkah taktis agar bantuan secepat mungkin diketahui dan tiba sampai ke keluarga penerima manfaat sesuai target yang telah ditentukan.

Jumlah beras yang akan disalurkan sebanyak 126,24 ton diserahkan secara bertahap kepada 12.624 kepala keluarga (KK) yang tersebar di seluruh Kecamatan se-Koltim. Seperti Kecamatan Tirawuta, jumlah bantuan beras yang disalurkan sebesar 19,12 ton untuk 1.920 KK.

Setiap KK akan menerima 10 kilogram beras setiap bulan selama 3 kali berturut-turut. Untuk bulan ini, penyaluran dilaksanakan mulai hari ini tanggal 20-25 Setember 2023. Sehingga diharapkan bantuan beras gratis tersebut dapat membantu meredam kesulitan masyarakat terhadap lonjakan harga beras yang sampai hari ini masih tinggi.

Laporan: Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *