Wisata Air Terjun Alam, Surga yang Tersembunyi di Kolaka Timur

TIRAWUTA. CORONGSULTRA.COM – Kalau kita membahas masalah pariwisata maka  yang terlintas di benak kita adalah keindahan sungai atau hutan serta alam yang menakjubkan, mengajak kita menapak objek wisata adalah identik sungai atau hutan serta alam yang dapat memanjakan mata serta pikirian kita bila kita ke sana.

Di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) misalnya kita bisa mendapati objek-objek wisata alam yang tidak kalah lebih indah dari pada daerah lain, contoh kecil saja Air Terjun Tetewa yang berada Liku Walanapo di Kecamatan Ueesi.

Dimana wisata tersebut sangat indah dengan air terjunnya yang memiliki banyak mata air terjun yang keluar dari dalam hutan sehingga sangat indah di pandang mata.

Walaupun jaraknya cukup jauh, wisata air terjun tersebut sangat indah dengan pemandangan indah yang belum terjamah oleh orang-orang sehingga keasriannya masih terjaga sampai saat ini.

Di Kecamatan Ueesi, Kolaka Timur juga ada Air Terjun Taling Sewu. Foto: Istimewa

Irna, wisatawan lokal yang mengunjungi tempat tersebut mengatakan bahwa banyak tempat wisata air terjun yang dia kunjungi namun, “Air Terjun Tetewa yang mempunyai daya tarik tersendiri,” ujarnya saat di temui tempat wisata Air Terjun Tetewa, Minggu, (24/9/2023).

Bukan hanya itu, kata dia, suasana tempatnya sangat indah bila melakukan kemping atau kemah dimana alam tersebut masi sangat asri serta tumbuhan yang belum pernah dilihat bisa dijumpai dekat kawasan air terjun, sehingga ada kenikmatan tersendiri saat mengunjungi lokasi tersebut.

Uniknya, air terjun Tetewa menunjukkan daya tarik alamiah ketika musim hujan dan kemarau. Di kala musim hujan, jumlah aliran air terjun bisa mencapai ratusan yang muncul dari celah bebatuan. Sedangkan ketika musim kemarau, aliran airnya tidak sebanyak musim hujan hanya muncul puluhan aliran air saja.

Air Terjun Tetewa. Foto: Istimewa

Masih di Kecamatan Ueesi, daerah tersebut bisa di sebut surga yang tersembunyi. Bagaimana tidak, jika kalau bicara masalah wisata air terjun begitu tidak ada habisnya. Setelah Air Terjun Tetewa, di Ueesi juga bisa jumpai air terjun lainnya yang tak kalah menariknya, sebut saja Air Terjun Taling Sewu.

Sungai dari air terjun Talisewu tersebut memiliki panjang sekira 20 Kilometer. Destinasi ini sungguh menawarkan keindahan alam yang mempesona. Sehingga siapapun yang ke sana akan terpesona keindahan yang disuguhkan oleh alam Kolaka Timur.

Walaupun tidak terlalu tinggi, namun air terjun ini memiliki keunikan tersendiri karena air terjun melewati bebatuan alam yang tersusun seperti tangga, serta dikelilingi rimbunnya alam nan hijau.

Dua air terjun ini juga punya potensi sebagai olahraga arung jeram yang cukup menantang bagi penggemar olahraga ekstrim.

Wisata air terjun Tetewa dan Taling Sewu bisa dijadikan spot foto menarik, seperti yang dilakukan Bupati Kolaka Timur Abdul Azis berfoto bersama istri. Foto: Istimewa

Sektretaris Daerah (Sekda) Kolaka Timur Andi Muhammad Iqbal Tongasa, SSTP, MSi  saat ditemui mengatakan, wisata di kolaka timur sangat banyak dan indah, serta belum pernah terjamh sama sekali sehingga keindahan yang diberikan masih sangat alami dan asri.

Lanjut jenderal aparatur sipil negera (ASN) Kabupaten Kolaka Timur tersebut, dalam penanganan wisata Kolaka Timur akan menjadi perhatian agar pengunjung akan lebih banyak lagi yang datang, sehingga bisa jadi destinasi wisata yang mempuni yang dimiliki daerah ini.

Kata dia, bahwa di Kolaka Timur ini tidak mempunyai laut dan pantai untuk di jadikan wisata, jadi air terjun yang tak kalah indahnya dari pantai yang berada di daerah lain maka pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur akan melakukan pembenahan guna menarik wisatawan lokal untuk datang di tempat tersebut.

“Iya,kita akan benahi wisata air terjun sehingga bisa berdapat ekonomi bagi daerah,” tutupnya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *