Bupati Buton Utara Teken Komitmen Puja Indah

BURANGA, CORONGSULTRA.COM –
Bupati Buton Utara (Butur) Ridwan Zakariah menandatangani pernyataan komitmen Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) bersama Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri Yusharto Huntoyungo, Rabu (4/10/2023) di Hotel Orchad Industri Jakarta.

Acara tersebut dihadiri sejumlah Bupati dan Wali Kota, para Kepala Bappeda serta Badan Riset Daerah (BRIDA) beberapa daerah di Indonesia.

Puja Indah adalah sebuah layanan pemerintah dalam berbagi paket atau disebut multi tenant, berbasis data input yang dikembangkan untuk percepatan layanan pemerintah melalui layanan elektronik dalam satu platform layanan.

Adapun tujuan Puja Indah, untuk melakukan pendataan, adopsi, dan replikasi inovasi daerah sebagai sistem layanan berbagai pakai sehingga dapat digunakan secara terintegrasi di seluruh Indonesia.

Badan Litbang Kemendagri memiliki database layanan, sehingga dapat menjadi poros pembinaan dan monitoring inovasi di pemerintah daerah (Pemda).

Penandatanganan Puja Indah oleh Kepala daerah se-Indonesia untuk percepatan implementasi PP Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, Peningkatan Daya Saing Daerah dalam berkompetisi di era global dan revolusi industri 4.0.

Terakhir, memperbaiki kualitas layanan publik dan tata kelola pemerintahan sehingga mampu meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintahan daerah.

Adapun jenis layanan publik Puja Indah meliputi layanan di bidang kependudukan, layanan pendidikan, layanan kesehatan, layanan ketenagakerjaan, layanan perijinan, perdagangan, serta layanan aspirasi DPRD.

Sumber: Protokoler Setda Kabupaten Buton Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *