Distanak Koltim Vaksinasi Ternak Cegah Penularan PMK

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Guna mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK pada hewan ternak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) mengadakan vaksinasi. Seperti yang yang terlihat di Desa Lere Jaya Kecamatan Lambandia, Jumat (6/10/2023), sejumlah hewan ternak warga divaksin.

Kepala Distanak Koltim Ridwan, S.Pi, M.Si mengatakan, vaksinasi ini sesuai instruksi Pelaksana tugas (Plt) Bupati Koltim Abdul Azis, SH, MH, serta didukung bantuan dari Kementerian Pertanian, melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Dan, yang menjadi target utama vaksinasi PMK adalah ternak Sapi, Kambing dan Babi. Secara teknis, vaksinasi dilakukan secara bertahap sebanyak tiga dosis per ekor ternak,” katanya.

Ridwan menjelaskan, rentang waktu pemberian dosis pertama dan dosis kedua, dilaksanakan empat minggu pasca vaksin dosis pertama. Dan dosis ketiga, dilakukan enam bulan setelah pemberian vaksin dosis kedua. Vaksinasi pada ternak kambing dan babi, dilakukan setelah vaksinasi pada ternak sapi mencapai 70 persen dari target yg ditentukan.

“Hasil kolaborasi yang baik, antara kelompok ternak yang ada di Kolaka Timur, dengan rekan-rekan vaksinator dilapangan, sudah menuntaskan 16.165 dosis untuk ternak sapi, dan 150 dosis untuk ternak babi, per September 2023. Angka ini diperoleh dari aplikasi pelaporan vaksinasi, SIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Indonesia),” tuturnya.

Dia mengungkapkan, semua ini atas dukungan berbagai pihak dan arahan Bupati Koltim sendiri, melalui program GEMAS atau gerakan membangun dan melayani masyarakat.

“Kedepannya, diharapkan capaian kita bisa meningkat melampaui target tahun ini, sehingga dampak PMK yang merugikan peternak, dapat dicegah semaksimal mungkin,” ujarnya.

Laporan: Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *