Pemkab Kolaka Timur Bakal Cetak Sawah Baru

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) bakal membuat pencetakan areal sawah baru di Desa Tongauna dan Desa Puurau, Kecamatan Ueesi. Dua desa tersebut beberapa tahun terakhir selain menjadi tujuan program transmigrasi, saat ini sedang dibuatkan kawasan persawahan.

Berdasarkan data tim yang sementara mengerjakan percetakan sawah tercatat luasannya mencapai 100 kali 75 meter per kapling. Dan saat ini, sedang dikerjakan 80 kapling yang terbagi di tiga tempat dalam Desa Tongauna.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Koltim Abdul Azis, SH, MH didampingi Ketua TP PKK Koltim Hartini Azis ketika mengunjungi Desa Tongauna, Sabtu (14/10/2023) mengungkapkan potensi pengembangan persawahan sangat luar biasa sehingga kedepannya bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat kedua desa.

“Luar biasa potensi sawah kita di sini. Secara keseluruhan terdapat 3.065 hektare potensi sawah di Desa Tongauna dan Desa Puurau yang ada di sebelahnya. Artinya kalau ini terealisasi keseluruhannya, maka luar biasa padi yang kita hasilkan di sini, yang juga berarti bakal meningkatkan taraf hidup masyarakat kita di sini,” ungkapnya.

Proses pencetakan sawah yang sementara berjalan, Bupati mengatakan, sekitar bulan November 2023 sawah sudah bisa digarap oleh pemilik lahan.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) Koltim Bio Mansur, S.Pd, M,Si mengatakan bahwa proyek pencetakan sawah sudah direncanakan 2021 lalu tetapi baru terealisasi tahun ini.

Laporan: Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *