Pemkab Petakan Faktor Kemiskinan Ekstrem di Kolaka Timur

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) melalui Badan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda Litbang) setempat mengadakan rapat pemantapan pelaksanaan penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023, bertempat, Jumat (10/11/2023).

Rapat yang digelar di Aula Bappeda Litbang Koltim dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Abd Azis diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa.

Dalam rapat diikuti Kepala Bappeda Litbang, Asisten, Pimpinan OPD/Bagian, Direktur RSUD Koltim, Camat, dan pihak terkait lainnya. Mereka duduk bersama memetakan fakto-faktor penyebab kemiskinan ekstrem.

Beberapa faktor penyebab kemiskinan ekstrem ialah kesulitan akses pada sumber ekonomi, keterbatasan pemenuhan gizi seimbang dan hidup sehat, serta keterbatasan mengakses informasi dan pendidikan.

Kemiskinan ekstrem adalah kondisi ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar, yaitu makanan, air bersih, sanitasi layak, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan, dan akses informasi terhadap pendapatan dan layanan sosial.

Dimana seseorang yang kebutuhan atau pengeluaran sehari-harinya hanya Rp.10.739 per hari dan hanya Rp.322.170 per bulan. Sementara, miskin biasa pengeluarannya Rp15.750 per hari dan Rp.472.525 per bulan.

Laporan: Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *