Pesona Alam Kolaka Timur yang Mampu Bersaing di Kancah Nasional

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Kalau kita tentang bagaimana Kabupaten Kolaka Timur di tangan kepemimpinan Bupati Abdul Azis, SH, MH, mungkin tidak ada habisnya. Apalagi kalau kita bercerita di bidang pariwisata, Kolaka Timur mampu sampai di kancah nasional dengan kain tenun motif Bunga Anggrek Sorume.

Dan kalau kita melihat bagaimana tangan dingin seorang Abdul Azis melaui Ketua Pengurus (TP) Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Hartini Azis, Sama bisa menampilkan kain tenun motif Bunga Anggrek Sorume di Jakarta.

Motif khas Kolaka Timur atau Koltim, yakni Wulele Sorume yang dikenakan sejumlah model berjalan di atas panggung catwalk, mengundang riuh gemuruh seluruh penonton acara IFW di JCC.

Para model model yang memamerkan kecantikan dan keindahan kain tenun bermotiv Sorume ini, sangat mengagumkan bagi seluruh yang hadir di momen tersebut.

Bunga Anggrek Sorume. Foto: Istimewa

Hartini Azis mengatakan, Wulele Sorume yang menjadi ciri khas Kolaka Timur harus terus diperkenalkan dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional.

“Tenun motif Sorume, adalah ciri khas kita di Kolaka Timur yang harus terus diperkenalkan dan digaungkan, agar semakin dicintai masyarakat Kolaka Timur sendiri,” katanya.

Dimana anggrek Sorume tersebut hanya ada di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, dan di negara Belanda saja. Tanaman bunga hias langka tersebut dapat mudah dijumpai di Kolaka Timur tanpa harus masuk ke hutan karena sudah dibudidayakan oleh ibu-ibu tim PKK Kolaka Timur.

Bukan hanya itu, wisata alam di Kolaka Timur juga bisa kita jumpai, seperti kawasan hutan pinus yang ada di Kecamatan Tirawuta atau sering disebut Sorombipi.

Di kawasan tersebut merupakan tempat wisata alam yang mampu membuat nyaman apabila kita ke sana, yang mana kesejukannya yang masih asri dan pepohonan pinus yang rimbun menjadikannya bisa bersaing dengan daerah lain.

Hutan Pinus Sorombipi boleh dibilang salah satu tempat yang tidak pernah sepi dari pengunjung baik dari Kolaka Timur dan sekitarnya ingin melihat langsung keasrian dan kesejukan di bawah naungan pohon-pohon pinus.

Hutan Pinus Sorombipi di Kabupaten Kolaka Timur adalah salah satu objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Foto: Istimewa

Di kawasan itu juga dibangun gazebo untuk pengunjung yang ingin duduk-duduk bersantai teman atau keluarga. Bahkan jika ingin menikmati waktu lebih panjang, kita bisa mendirikan tenda perkemahan yang sudah disediakan lokasinya.

Irna, salah satu warga Kolaka Timur mengatakan bahwa potensi wisata di daerahnya sangat banyak, dimulai dari air terjunnya, flora fauna hingga wisata kuliner bisa dijumpai.

“Iya kalau kita lihat banyak potensi wisata yang ada di Kolaka Timur, sehingga dapat perhatian dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat di bidang pariwisata,” ujarnya.

Dengan banyaknya tempat atau spot wisata di Kolaka Timur, Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur membuat peraturan daerah (Perda) nomor 12 tahun 2021 tentang Pariwisata yang ditandatangani oleh Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur dan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka Timur Andi Muhammad Iqbal Tongasa.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *