11 Tahun Kabupaten Kolaka Timur

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Tahun 2024 ini Kabupaten Kolaka Timur genap berusia 11 (sebelas) tahun. Kolaka Timur merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kolaka yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB).

Sejak tahun berdiri tahun 2012 lalu, silih berganti kepala daerah memimpin Kolaka Timur. Awal resmi menjadi DOB daerah tersebut dipimpin Penjabat Bupati Tony Herbiansyah kemudian dia mendefinitifkan posisinya melalui Pilkada tahun 2016. Kemudian Bupati Samsul Bahri (almarhum) lalu dilanjutkan wakilnya yakni Andi Merya Nur lewat Pilkada serentak tahun 2020.

Kini dalam usia yang sebelas tahun, Kabupaten Kolaka Timur dipimpin oleh Bupati Abdul Azis melalui pemilihan yang dilakukan anggota DPRD Kolaka Timur.

Ketika menjabat sebagai Pelaksana tugas Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis melaunching program Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat atau disingkat Gemas pada bulan November 2022.

Abdul Azis mengatakan, program Gemas bertujuan untuk membuat terobosan baru pembangunan Kolaka Timur yang terintegrasi untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur.

Ketika menggelar Musrenbang di 11 Kecamatan, yang dimulai tanggal 9-11 Februari 2023. Bupati Abdul Azis mengatakan, dalam mewujudkan program Gemas  ditetapkan prioritas pembangunan, yaitu pembangunan manusia melalui peningkatan akses pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan.

Berikutnya, percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan pelestarian lingkungan hidup, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata, UMKM, dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Oleh karena itu, Pemkab Koltim telah mencanangkan program GEMAS untuk mempercepat akselerasi pencapaian visi misi dalam RPJMD 2021- 2028, yaitu sejahtera bersama masyarakat yang agamis, maju, mandiri dan berkeadilan.

Komandan Korem (Danrem) 143 Halu Oleo (HO), Brigadir Jenderal (Brigjen)TNI Infanteri Ayub Akbar berharap Kolaka Timur terus maju dan damai karena daerah ini beragam multi suku. Foto: Diskominfo Kolaka Timur @ 2024

Bupati menjelaskan, GEMAS merupakan program pembangunan terintegrasi, yang saling terhubung, melibatkan berbagai sektor sehingga perencanaan pembangunan diharapkan mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah, dan masyarakat Koltim secara tepat dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kita sadari, masih banyaknya permasalahan yang muncul, baik langsung maupun tidak langsung, yang tentunya menuntut sistem pengelolaan pemerintahan dan pembangunan yang responsif, inovatif dan berkelanjutan dalam upaya memaksimalkan berbagai potensi dan keunggulan daerah,” tuturnya.

Untuk itu Bupati mengajak suruh komponen masyarakat untuk bersatu, karerena dengan dukungan kondusifitas wilayah komitmen semua stakeholder di wilayah ini berbagai rencana pembangunan akan dapat diwujudkan

Danrem 143 HO: Semoga Koltim Terus Maju

Komandan Korem (Danrem) 143 Halu Oleo (HO), Brigadir Jenderal (Brigjen)TNI Infanteri Ayub Akbar berharap Kolaka Timur terus maju dan damai karena daerah ini beragam multi suku.

Harapan itu Danrem sampaikan ketika menggelar silaturahmi dan kunjungan kerja di Kabupaten Kolaka Timur, Senin (8/1/2024).

“Saya berharap pemilu di Koltim berjalan damai, karena selama ini saya dengar dibawah kepimpinan Bapak Bupati tidak ada masalah berarti, saya dengar juga perkembangan daerah ini cukup pesat, semoga ke depan bisa lebih maju minimal sama dengan kabupaten yang lama,” harap Danrem.

Pesan Kepala BPN Koltim Pada HUT Ke-11 Wonua Sorume

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kolaka Timur Ilmiawan menitipkan banyak pesan dan harapan pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) Koltim ke-11 pada Tanggal 11 Januari mendatang.

Ilmiawan berpesan agar tanggung jawab dalam memajukan Kolaka Timur adalah menjadi tanggung jawab kita semua yakni seluruh elemen masyarakat, pemerintah dan stakeholder terkait dengan terus bahu membahu untuk memberikan yang terbaik sesuai bidang masing-masing.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kolaka Timur Ilmiawan (ujung kiri) ketika bertemu Bupati Kolaka Timur Abdul Azis. Foto: Diskominfo Kolaka Timur @ 2024

Sebagai bagian dari Instansi Vertikal yang ada di Lingkup Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Kantor Pertanahan Kabupaten Kolaka Timur melalui Kepala Kantor, Ilmiawan turut memberikan sumbangsih untuk terus memajukan Kolaka Timur dengan capaian capaian sebagai berikut :

1. Keberhasilan Pengadaan Tanah Bendungan Ladongi yang telah diresmikan langsung Presiden Republik Indonesia;

2. Sampai dengan Desember 2023 telah menerbitkan sertipikat sejumlah 80.932 sertipikat (80%) dari perkiraan total 100.862 bidang tanah di Kabupaten Kolaka Timur;

3. Sampai dengan Desember 2023 telah memberikan sumbangsih PAD kepada Kabupaten Kolaka Timur sebesar Rp. 3.174.059.325,- (TIGA MILYAR SERATUS TUJUH PULUH EMPAT JUTA) melalui kegiatan pembayaran Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)

4. Sampai dengan Desember 2023 telah memberikan sumbangsih berupa akses permodalan kepada dari perbankan melalui Nilai jaminan dari hasil layanan Hak Tanggungan sebesar Rp. 602.611.952.407 (Enam Ratus Dua Milyar Enam Ratus Sebelas Juta) atau sebesar 75 persen dalam setahun APBD Kolaka Timur. (ADV)

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *