Cegah Kecurangan, Relawan Anies Sultra Siapkan Saksi Kawal Setiap TPS

KENDARI, CORONGSULTRA.COM – Pemilihan Umum (Pemilu) tanggal 14 Februari 2024 mendatang seluruh masyarakat akan memberikan hak suara politiknya untuk memilih calon calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres).

Di Sulawesi Tenggara (Sultra), para relawan capres-cawapres sudah bersiap untuk memaksimalkan proses pemantauan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Relawan Capres nomor urut 1, Anis Baswedan – Muhaimin Iskandar atau disingkat AMIN akan menyiapkan 8.000 saksi relawan di Sultra. Data saksi relawan tersebut akan dirampungkan dalam waktu dekat.

Ketua Relawan Anis Sultra, Dr LM Bariun mengatakan, seluruh saksi tergabung akan disebar di seluruh TPS- TPS di wilayah Sultra.

Mereka akan bertugas memantau proses penghitungan suara dan termasuk data hasilnya, memastikan tidak ada praktek kecurangan, dan mengawal surat suara hasil penghitungan hingga PPK.

“Kami sudah rapat bersama seluruh relawan, untuk menyiapkan saksi sekitar 8.000 orang. Data seluruhnya kami tunggu sampai Senin depan,” katanya Jumat (26/1/2024).

Dia mengatakan, pengawalan surat suara nantinya akan ditindaklanjuti tim relawan hingga ke penghitungan final di KPU.

Mereka akan segera melaporkan ke lembaga pengawas pemilu (Bawaslu) jika ada indikasi kecurangan selama proses pemilu, dan akan ditindaklanjuti oleh tim hukum capres 01.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *