Tim Penggerak PKK Koltim Membantu Para Petani

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Hartini Azis, AMa terus melakukan inovasi bagi Kolaka Timur untuk bersaing dengan daerah lain baik dari segi pariwisatanya maupun di bidang pendididkan usia dini hingga pertanian.

Bisa kita melihat di sektor pariwista, TP PKK Kolaka Timur di bawah kepemimpinan Hartini Azis sering menyabet juara di bidang budaya seperti fashion show di Kota Kendari, Kolaka Timur meraih juara. Bukan hanya itu, istri Bupati Kolaka Timur tersebut mampu mendatangkan desainer ternama seperti Ivan Gunawan hanya untuk memperkenalkan Kolaka Timur hingga di kancah nasional dengan busana kain tenun berlatar bunga Anggrek Sorume, di mana bunga tersebut hanya terdapat di dua negara saja yaitu di Belanda dan Indonesia.

Di Indonesia cuma tumbuh di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara saja. Kini bunga anggrek tersebut sudah dikategorikan sangat langka dan hampir punah kelestariannya, sehingga Ketua PKK Hartini Azis mencoba untuk mengangkat bunga khas asal Kolaka Timur itu.

Anggrek serat atau disebut Sorume itu menjadi bahan baku anyaman di Desa Ameroro, yang menjadi seperti alas tikar dan serta songkok adat Tolaki yang sering dipakai para pemangku adat dan kini bunga tersebut bisa hampir dikatakan punah sehingga perlu pelestarian yang lebih dalam.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka Timur Andi Muhammad Iqbal Tongasa mengatakan bahwa dalam membudiayakan tanaman bunga tersebut harus betul-betul dilakukan karena Bunga Sorume hanya ada di Kolaka Timur dan kita harus merasa bangga sebab bunga seindah itu ada di Kabupaten Kolaka Timur yang nantinya bisa menjadi ikon daerah dan bisa dikenal di seluruh dunia.

“Jadi kalau orang menyebut bunga Anggrek Sorume orang pasti ingat Kolaka Timur karena bunga itu hanya di Indonesia hanya ada di Kolaka Timur,” kata Sekda.

Ketua TP PKK Kolaka Timur Hartini Azis saat hadir langsung mempromosikan kain tenun khas Kolaka Timur motif Bunga Anggrek Sorume di Indonesia Fashion Week (IFW) 2023. Foto: Istimewa

Lanjut Sekda Kolaka Timur, pemerintah dan masyarakat patut apresiasi Ketua PKK di mana berkat beliulah Kolaka Timur di kenal di kancah nasional dengan bunga Anggerak Sorumenya,”

Bukan hanya di seni budaya, Ketua PKK juga mewujudkan Kolaka Timur sekolah usia dini dengan di angkatnya beliau sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini atau disingkat PSUD, dan diangkat dan di lantik oleh Ketua PKK Provinsi Sulawesi Tenggara Hj. Endang Abbas sekira tahun 2023 lalu.

Tugas yang diemban seorang Hartini Azis uantuk memajukan Kolaka Timur semakin berat dipundaknya, karena sebagai Ketua PKK, dia juga harus berada di sekolah usia dini, dan sebagai dinamisiator program kegiatan dan juga dapat membina atau mengkader peran serta di masyarakat luas, dan memperdayakan masyarakat kelurga di tingkat desa atau dasa wisma dan menjaling hubungan harmonis di masyarakat (Humanis).

Ani salah seorang masyarakat Desa Gunung Jaya mengatakan, dengan ditunjuknya Hartini Azis sebagai Bunda PAUD, kegiatan belajar di usia dini di Kolaka Timur khususnya di desa mereka semakin bagus dan para pendidik tersesbut juga semakin berkualitas.

Dia juga berharap semoga Hartini Azis walau sudah terpilih sebagai anggota legislatif di Provinsi Sulawesi Tenggara, namun dia berharap agar dapat terus melihat atau memantau atau menghadiri kegiatan yang ada di Kolaka Timur.

“Kita sudah tau bahwa untuk menjadi seorang anggota DPRD provinsi pasti kesibukannya makin bertambah dan itu bisa kita maklumi, dan kita berharap kepada beliau agar selalu dapat menjadi Bunda PAUD untuk Kolaka Timur,” katanya.

TP PKK Kolaka Timur melaksanakan gerakan tanam cabai serentak dalam rangka hari jadi PKK Ke-52. Foto: Istimewa

Peran Hartini Azis sebagai Ketua PKK patut diapresiasi untuk pembangunan Kolaka Timur, bukan hanya sebagai Bunda PAUD tetapi beliau juga sangat memeprhatikan para petani yang ada di Kolaka Timur. di mana kita lihat beliau sangat memperhatikan kesejahteraan para petani.

Ini bisa kita lihat Hartini Azis bersama pengurus TP PKK Kolaka Timur mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan setempat, Ibu Indarwati mengunjungi kebun cabai di Kecamatan Loea.

Di mana Hartini Azis sangat kagum dan apresiasi keuletan para petani menanam cabai yang sedang di kembangkan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakyat.

Tidak hanya itu, TP PKK Kolaka Timur menyerahkan bantuan aneka benih sayuran dan benih ikan kepada masyarakat di Desa Lara, Kecamatan Tirawuta, dan pada kesempatan tersebut Hartini Azis megajak anggota TP PKK memberikan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana cara memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman produktif sehingga dapat menghadapi inflasi kenaikan harga.

Olehnya itu, dia kembali mengajak masyarakat Desa Lara dan seluruh desa yang ada di Kolaka Timur memajukan desanya melalui sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan. (ADV)

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *