Astra Financial dan OJK Gelar Talkshow Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, CORONGSULTRA.COM – Astra Financial bekerja sama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar talkshow literasi keuangan, Selasa (2/4/2024).

Talkshow yang digelar di Studio Astra Financial secara hybird tersebut bertajuk ‘Cerdas dan Aman dalam Bertransaksi Digital’.

Director-in-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin mengatakan, Astra Financial terus melakukan inovasi guna menjawab kebutuhan konsumen pada layanan keuangan digital untuk memberikan kemudahan bagi nasabahnya.

“Selain membuka peluang bisnis tetapi di sisi lain ada tantangan seperti penipuan maupun penyalahgunaan data pribadi nasabah, maka penting literasi digital dan masyarakat perlu tahu memilih layanan keuangan digital yang terpercaya agar tetap aman dan terlindungi,” ucapnya.

Untuk memberikan edukasi keamanan keuangan digital, Astra Financial bekerja sama dengan OJK menyelenggarakan talkshow literasi keuangan, sehingga dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dan khususnya konsumen Astra Financial.

Suparno mengatakan, sesuai cita-cita Astra, Astra Financial berkomitmen mengembangkan bisnis dengan memperhatikan aspek lingkungan dan sosial sejalan dengan Roadmap Keuangan Berkelanjutan OJK dan Aspirasi Keberlanjutan Astra 2030.

Di tempat sama, Deputi Direktur Pelaksanaan Edukasi Keuangan OJK, Halimatus Sa’diyah mengungkapkan, masifnya aduan masyarakat yang menggunakan transaksi keuangan digital dimana data pribadi konsumen disalahgunakan.

Oleh karena itu, Halimatus meminta penyelenggara jasa keuangan/finansial memberikan perlindungan data konsumen/nasabahnya dari kejahatan digital.

Dia juga menyarankan kepada masyarakat agar melindungi data pribadinya yaitu jangan membagikan data personal seperti PIN, CVV, nomor kartu, dan masa berlaku kartu kepada siapapun.

“Pastikan kartu debit/kredit tidak digesek/dip pada alat lain selain mesin elektronik data capture (EDC). Jangan download link dari pihak yang tidak terpercaya,” ujarnya.

Hindari jaringan internet yang sumbernya tidak jelas dan tingkatkan pengamanan kartu dengan menggunakan One Time Password (OTP) yang dikirim melalui SMS kepada nasabah.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *