Koltim Usul Perbaikan Jalan dan Pengembangan Tanaman Kakao ke Pemprov Sultra

KENDARI, CORONGSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) mengusulkan perbaikan jalan yang rusak dan pengembangan tanaman kakao ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Bappeda Koltim, Mustakim Darwis mengungkapkan perbaikan jalan dan pengembangan tanaman kakao mereka usulkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Provinsi Sultra untuk tahun 2025 mendatang.

Mustakim mengatakan, perbaikan jalan diusulkan adalah ruas jalan provinsi antara lain di Rate-Rate ke Poli Polia tembus Baula Kolaka; Rate-Rate tembus Bombana, kemudian Rate-Rate tembus Konawe Selatan (Konsel).

Dia mengungkapkan, kondisi jalan tersebut sangat hancur dan rusak. Olehnya itu pihaknya berharap Pemprov Sultra menyahuti usulan mereka karena jika jalannya bagus maka bisa membuka akses lintas Kabupaten.

“Tapi kira berharap Provinsi bisa menyahuti karena jalan Provinsi kondisinya hancur dan rusak dan kalau itu bagus bisa membuka akses antar Kabupaten Bombana, Konsel, termasuk Kolaka,” katanya seusai mengikuti Musrembang Provinsi Sultra di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (18/4/2024).

Sedangkan pengembangan kakao, Mustakim menjelaskan bahwa Kabupaten Koltim masuk Dalam program perkebunan kakao.

“Koltim kan masuk kawasan pengembangan kakao. Jadi kita usulkan ke Provinsi agar Koltim menjadi sasaran utama,” ujarnya.

Mustakim mengatakan, dua usulan rencana pembangunan tersebut adalah hasil Musrembang di tingkat Kabupaten Koltim yang kemudian dikonsultasikan ke Bappeda Sultra.

“Kita sudah usulkan pada saat desk. Alhamdulillah mungkin tinggal menunggu Provinsi ada yang ditindaklanjuti,” katanya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *