Dinas PPPA Butur Sosialisasi Peningkatan Kualitas Keluarga

BURANGA, CORONGSULTRA.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar sosialisasi peningkatan kualitas keluarga dalam mewujudkan kesetaraan gender dan hak anak.

Sosialisasi yang di gelar di Aula Bappeda, Rabu (22/5/2024), dibuka langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Dra. Muliana, M.Ap mewakili Bupati Butur. Dan dihadiri Ketua TP PKK setempat Dra. Hj. Muniarty M. Ridwan serta peserta sosialisasi.

Dalam sambutannya, Muliana menjelaskan, sosialisasi ini memiliki arti penting bagi semua pihak dalam upaya meningkatkan kualitas keluarga sebagai pondasi utama pembangunan bangsa.

Muliana mengatakan, Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) sebagai tema sentral dalam acara ini merupakan program strategis yang bertujuan untuk memberikan layanan informasi, edukasi, dan konseling bagi keluarga dalam rangka menciptakan keluarga yang harmonis, sehat dan sejahtera.

“Keberadaan Puspaga diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, terutama dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh keluarga di era globalisasi ini,” katanya.

Menurutnya keluarga memiliki peran sangat vital dalam pembentukan karakter dan moral anak. Karenanya, memperkuat ketahanan keluarga  menjadi tanggung jawab kita bersama.

“Melalui program ini diharapkan memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh keluarga untuk mengatasi berbagai tantangan, seperti masalah kesehatan, pendidikan, ekonomi, hingga perlindungan anak,” ujarnya.

Di tempat sama, narasumber sosialisasi Muniarty M. Ridwan menjelaskan materi “parenting” sebagai cara pola asuh mendidik anak, bagaimana orang tua memberikan perlindungan, perawatan dan mengamati perkembangan yang sehat juga kegiatan hingga tumbuh dewasa.

“Meskipun sudah banyak yang menjadi orang tua tetapi masih banyak ayah dan ibu yang belum paham betul mengenai makna parenting, padahal parenting wajib dipahami oleh orang tua dan calon orang tua. Ada 3 (tiga) prinsip utama parenting yaitu: menjadi teladan yang baik; tidak memanjakan anak; dan berikan quality time,”jelasnya.

Kepala Dinas PPPA Butur, Dra. Sinaria menerangkan, Puspaga merupakan sebuah inisiatif strategis yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

“Program ini menyediakan berbagai layanan konsultasi, edukasi dan dukungan psikososial, membantu keluarga mengatasi tantangan sehari-hari, memastikan hak-hak anak terlindungi dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak dan remaja,” ujarnya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *