Pengusaha Penambang Lokal Sepakat Mendirikan Organisasi HIPPAL Batu Putih

KOLAKA UTARA, CORONGSULTRA.COM –Sejumlah pengusaha penambang lokal Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar deklarasi Himpunan Pengusaha Penambang Lokal (HIPPAL) di Cafe Seventeen Desa Latowu, Kecamatan Batu Putih, Senin, (03/6/2024).

Dalam deklarasi tersebut Abdul Gofur ditunjuk sebagai Ketua Umum, Nasrullah SH sebagai Wakil Ketua Umum, Ridwan sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) , Ko Basran sebagai Bendahara Umum pada HIPPAL Batu Putih.

Dalam sambutannya Abdul Gofur mengatakan, organisasi HIPPAL akan melakukan sinergi integrasi fokus penambangan bijih nikel dengan seluruh sektor dalam rangka mendukung praktek-praktek pengelolaan pertambangan terbaik yang menciptakan nilai-nilai unggul bagi seluruh pemangku kepentingan pertambangan nikel di Kecamatan Batu Putih.

HIPPAL didirikan atas dasar Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang No.4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, Undang-Undang No.17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan.

“Tujuan HIPPAL ini juga sebagai pusat layanan informasi, konsultasi dan pendampingan anggota dalam kegiatan penambangan bijih nikel yang baik sebagai mitra pemerintah dan perusahaan pemilik IUP/IUPK serta memperjuangkan aspirasi dan kepentingan anggota,” jelasnya.

Salah satu penambang lokal wilayah Batu Putih yang bekerja di IUP PT. Kasmar Tiar Raya Nasrullah yang tergabung dalam HIPPAL mengungkapkan, sangat terobsesi dengan hadirnya HIPPAL di Batu Putih di mana kedepan akan menjadi solusi pada segala bentuk masalah di pertambangan didiskusikan.

“Kita akan diskusikan bersama melalui himpunan ini dengan mengedepankan mitra kerjasama yang baik dengan pemegang IUP untuk mempekerjakan masyarakat lokal yang berada di wilayah Batu Putih dan sangat jelas bahwa jika pertambangan berjalan dengan baik pasti perputaran ekonomi akan meningkat dan tentunya pasti kita bisa sejahtra semua,” ujarnya.

HIPPAL Batu Putih merupakan organisasi independen yang bergerak di sektor usaha pertambangan dimana pengusaha penambang lokal masih belum terintegrasi dengan baik dalam hal sebagai mitra penambamgan dengan perusahaan pemilik IUP/IUPK yang ada di Batu Putih, maka dari itu dengan hadirnya himpunan ini ke depannya sebagai alat komunikasi kepada semua pemegang IUP/IUPK yang ada di Kolut.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *