Bupati Apresiasi Bantuan sosial Kodim 1429 Buton Utara

BURANGA, CORONGSULTRA.COM – Bupati Buton Utara (Butur) mengucapkan terima kasih ada apresiasinya kepada jajaran Kodim 1429 Buton Utara menyalurkan bantuan sosial dalam rangka menyikapi dampak perubahan iklim.

“Makin banyak program pemerintah semakin banyak pula tuntutan yang hadir dari masyarakat,” ucap Bupati saat menyampaikan sambutan kegiatan Komunikasi Sosial (Kosmos) Kodim 1429 dengan aparat pemerintah daerah yang digelar di Aula Bappeda Butur, Selasa (4/6/2024).

Bupati mengatakan, Kosmos sangat penting saat ini dilakukan sebab kemajuan sebuah daerah sejalan dengan dinamika sosial yang berkembang selalu beriringan dengan masalah yang ditimbulkan.

Bupati berujar, kalau hari ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Butur membangun jalan di suatu wilayah maka pasti muncul lagi masalah baru di wilayah lainnya, akibat merasa tidak kebagian pembangunan jalan.

“Kalau hal ini tidak dicermati dengan baik sama halnya kita membangun masalah baru, sebab dengan keterbatasan pemerintah daerah, maka untuk mengakomodir keinginan tidak dapat terpenuhi secara serentak,” ujarnya.

Olehnya itu Bupati mengajak seluruh komponen Pemkab agar mencermati dinamika sosial yang ada, sehingga program yang dihadirkan merupakan sebuah solusi, terutama dalam menyikapi masalah yang ada.

Bupati juga menjelaskan tentang dampak perubahan iklim. Apabila intensitas hujan berkepanjangan, maka dampak yang muncul adalah Banjir dan tanah longsor, begitu pula kalau musim kemarau berkepanjangan tiba, maka debit air berkurang, sehingga menimbulkan kegagalan panen akibat kekeringan.

Pemkab Butur menyadari, bahwa permasalahan yang muncul ditengah masyarakat saat ini diakibatkan oleh anomali iklim yang sering terjadi akhir-akhir ini.

Selain perubahan iklim kata Bupati, ada beberapa isu yang menjadi perhatian bersama. Terutama terkait isu stunting dan ketahanan pangan. Kedua isu tersebut dapat mempengaruhi Kualitas SDM dan Kesehatan masyarakat.

Di tempat sama, Komandan Kodim (Dandim) 1429 Butur Letkol Inf. Acuk Andrianto, menjelaskan, pihaknya menggelar Kosmos dengan aparat pemerintah merupakan bagian dari metode pembinaan teritorial TNI AD untuk memelihara komunikasi dan menjalin silaturahmi.

Acuk Andrianto menyebutkan, ada 5 program unggulan bidang teritorial yang menjadi fokusnya, yaitu TNI Manunggal Air, Ketahanan Pangan, Bersatu dengan Alam, Pendampingan dan Percepatan Stunting, serta Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan MCK merupakan arahan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Dia berharap, Kosmos dapat menghasilkan pemikiran yang solutif dan inovatif dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat serta akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kosmos turut dihadiri Wakil Bupati Ahali, Kapolres Butur AKBP Herman Setiadi, Asisten dan Staf Ahli Bupati serta sejumlah pimpinan OPD dan masyarakat penerima santunan/bantuan sosial.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *