Inarto Resmi Ketua DPRD Kendari, Rizki dan Irmawati Wakil

KENDARI, CORONGSULTRA.COM – Laode Muhammad Inarto resmi menjabat Ketua DPRD Kota Kendari masa jabatan 2024-2029. Sedangkan Rizki Brilian Pagala dan Irmawati menjadi Wakil Ketua DPRD Kendari.

Ketiga pimpinan DPRD tersebut resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Kendari dalam rapat paripurna DPRD, Senin (30/9/2024).

Rapat paripurna peresmian, pelantikan, dan pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD berlangsung khidmat disaksikan langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup, Sekda Ridwansyah Taridala, anggota DPRD Kendari, Forkopimda, kepala OPD, dan tamu undangan lainnya.

Ketiganya dilantik berdasarkan surat keputusan (SK) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) nomor 1.3.3.1/324 tahun 2024 tentang peresmian dan pengangkatan pimpinan DPRD Kota Kendari masa jabatan 2024-2029. Tanggal 27 September 2024.

Ketua DPRD Kendari LM Inarto dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan hari ini merupakan amanah konstitusional, partai, dan masyarakat.

Oleh karena itu melalui forum terhormat ini, Inarto berharap mereka dapat menjalankan jabatan pimpinan DPRD dengan amanah.

“Kami dalam menjalankan amanah ini jika tidak berada di jalan kebenaran tegur kami dan jika kami menjalankan kesalahan maka sampaikanlah kesalahan itu,” ucapnya.

Inarto mengatakan, sebagai umat yang beragama dan khususnya umat Islam, harus meyakini bahwa kepemimpinan adalah amanah yang dititipkan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Meskipun kepemimpinan melahirkan kekuasaan dan wewenang. Namun karena merupakan titipan Allah Subhanahu Wa Ta’ala maka diarahkan semata-mata untuk memudahkan dalam menjalankan tanggung jawab melayani masyarakat dengan berpedoman pada ajaran agama,” tuturnya.

Sebelum menutup sambutannya, Inarto meminta doa seluruh masyarakat dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari agar senantiasa diberikan kemampuan kesehatan kekuatan serta perlindungan dari Allah dalam menjalankan segala tugas, kewajiban, dan fungsi yang melekat kepada mereka sebagai pimpinan dan anggota DPRD.

Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengucapkan selamat kepada tiga pimpinan DPRD yang baru saja dilantik.

Dia mengajak pimpinan dan anggota DPRD bergandengan tangan membangun Kota Kendari agar bisa sejajar dengan daerah-daerah yang lebih maju lagi untuk menciptakan kondisi yang aman, nyaman, dan bahagia.

Pj Wali Kota berujar, DPRD adalah mitra dari eksekutif bersama-sama saling mengingatkan dan memberikan solusi terhadap berbagai hal yang harus diperbaiki.

“Namun jika masih perlu dilakukan perbaikan maka mari kita bersama pula untuk mencarikan jalan keluar. Oleh karena itu, mari kita bergotong-royong meningkatkan pembangunan dan pelayanan program-program seperti penanggulangan kemiskinan,” ujar Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra ini.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *