Dinas Kepora Sultra Genjot Pembinaan Kepemudaan

KENDARI, CORONGSULTRA.COM – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kepora) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra yang menjembatani dan memfasilitasi kreatifitas serta semangat pembangunan dalam jiwa pemuda.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kepora Sultra, Trio Prasetio Prahasto saat ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (8/3/2023).

Trio menerangkan, Dinas Kepora Sultra memiliki bidang khusus menangani kepemudaan, yaitu bidang pembinaan pemuda, pihaknya mendidik dan melatih pemuda agar lebih memiliki keteguhan semangat membangun yang berkarakter melalui berbagai kegiatan.

“Melalui diklat-diklat, pembinaan kepramukaan, diklat pemuda pelopor, dan pembinaan kepemimpinan kita berharap para pemuda dan pemudi di Sultra memiliki karakter serta berkepribadian yang kuat,” kata Trio.

Dia mengatakan bahwa pembinaan pemuda salah satunya ditujukan bagaimana keterlibatan sumber daya pemuda terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dan punya wawasan kreatifitas.

“Kita berharap agar pemuda bisa bekreatifitas karena kita tahu sendiri sudah ada Perda (Peraturan daerah) tentang kepemudaan susah dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembinaan kepemudaan merupakan program nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI).

“Kementerian Pemuda dan Olahraga berharap para pemuda itu bisa tampil semaksimal mungkin dalam rangka mengangkat daerahnya di level nasional dan nama Indonesia di level internasional.

Di samping membina kepemudaan, Trio mengatakan, perlu dukungan sarana dan prasarana untuk pemuda mengembangkan bakatnya seperti keolahragaan.

“Jadi Dinas Kepemudaan dan Olahraga di samping membina juga perlu pembangunan sarana dan prasarana kepemudaan, sehingga ada sentra-sentra olahraga yang muncul di Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tenggara,” katanya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *