Pesan Bupati Koltim dalam Peringatan Hari Pramuka Ke-62

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menggelar upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 tingkat Kabupaten Koltim di pelataran Rujab Buputi Koltim, Senin (14/8/2023).

Hari jadi Pramuka tahun ini mengangkat tema “Dengan Peringatan Hari Jadi Pramuka ke 62, Mari Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Upacara dipimpin langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Koltim Abdul Azis, SH, MH. Kegiatan ini diikuti anggota anggota Pramuka se-Kabupaten Koltim.

Plt Bupati Koltim menyampaikan, dalam kurun waktu 111 tahun gerakan kepanduan di Indonesia sejak tahun 1912 telah melaksanakan berbagai kegiatan, namun perkembangan gerakan Pramuka di Indonesia tidak begitu menggembirakan.

Ada dua masalah pokok yang dihadapi, yaitu terjadinya penurunan jumlah anggota yang cukup tajam, serta masalah sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas yang proporsi dan profesi di bidang kepramukaan. Dimana katanya, kegiatan kepramukaan tidak lagi menarik minat kaum muda.

“Sementara itu sebagai akibat kurangnya kegiatan pembina serta terbatasnya jumlah dan ragam wadah penyaluran minat dan bakat kaum muda, menyebabkan banyak kaum muda terjerumus dalam pelbagai tidakan kekerasan dan kesesatan,” ujarnya.

Bupati mengatakan, gerakan Pramuka sebenarnya memiliki banyak kegiatan positif bagi pembinaan kaum muda dapat diselenggarakan dengan baik, seperti yang tercantum dalam Undang Undang Gerakan Pramuka No 12 tahun 2010 dan AD/ART, yakni membentuk generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa, cerdas dan terampil serta kuat dan sehat.

“Sayangnya, karena pengaruh berbagai faktor khususnya penyalah gunaan tehnologi seperti HP (Handphone) dan media sosial berbagai kegiatan positif ini belum dapat diselenggarakan dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, tidak ada pilihan yang dapat dilakukan kecuali melakukan revitalisasi dan pengembangan sumber daya manusia,” ungkapnya.

Dia menyampaikan, kepada generasi muda Koltim sangatlah tepat memilih Gerakan Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah, karena mengikuti sekolah formal saja tidak cukup mengingat sangat terbatas waktu untuk mempelajari berbagai pengetahuan dan keterampilan.

“Berharap kiranya Gerakan Pramuka dapat mewujudkan tujuan dan perannya, terutama yang terkait dengan pembentukan watak, mental dan kepribadian kaum muda yang memiliki semangat bela negara, patriot pembangunan dan menjadi perekat bangsa,” katanya.

Laporan: Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *