Pemkab Kolaka Timur Siap Lejitkan UMKM

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Upaya Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kolaka Timur terus menunjukkan tren positif. Mulai dari pengembangan SDM, promosi hingga penguatan komunitas UMKM terus dilakukan oleh Forum UMKM.

Terbaru, sebanyak sebelas Forum UMKM Kecamatan telah dibentuk melalui musyawarah yang melibatkan 74 pelaku UMKM perwakilan dari masing-masing kecamatan, pada Jumat (16/2/2024) di Baros Farm House.

Musyawarah tersebut dilaksanakan setelah para pelaku UMKM mengikuti kegiatan sosialisasi perizinan berusaha oleh Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP Kolaka Timur.

Sekretaris Daerah Kolaka Timur, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, pada sambutannya pada acara pengukuhan Forum UMKM mengungkapkan bahwa pemerintah terus mendukung upaya Forum UMKM dalam berbagai hal, termasuk memperluas jangkauannya di tingkat kecamatan.

“Kita sudah melihat bahwa UMKM kita berkembang sangat baik, bahkan menjadi contoh bagi daerah lain. Dengan adanya Forum UMKM Kecamatan, kita optimis akan jauh lebih baik kedepan”, kata Sekda.

Menurutnya, saat ini baru sebelas kecamatan yang sudah dibentuk kepengurusan Forum UMKM, tersisa Kecamataan Ueesi yang akan dibentuk kemudian.

“Alhamdulillah, sebelas kecamatan sudah terbentuk melalui mekanisme pemilihan langsung dan juga ada yang aklamasi, kecuali Ueesi memang kami masih menjajaki”, ujar Hasrul, Ketua Forum UMKM Kolaka Timur.

Dia mengungkapkan, rencananya pengurus yang terbentuk ini akan dilantik pada bulan Maret mendatang bersamaan dengan kegiatan Koltim Ramadhan Eco Festival (KREF) di Lapangan Nur Latamoro Raterate.

Musyawarah pembentukan kepengurusan Forum UMKM Kecamatan ini dipimpin oleh Hasrul selaku Ketua, Agung DL Sauala selaku Sekretaris dan terakhir Irawati Rustam sebagai Bendahara.

Berdayakan UMKM, Kosara Fresh Hadir di Koltim

Salah satu UMKM, Kosara Fresh yang merupakan minimarket buah, sayuran, prozen bumbu dan oleh-oleh hadir di Kabupaten Kolaka Timur tanggal 7 Februari baru-baru ini.

Saat sebelum peresmiannya, minimarket lokal ini membagikan kupon undian dengan belanja sayur, buah, bumbu, frozen dan produk UMKM lokal mulai tanggal 5 Februari 2024 mendatang.

Ketua Forum UMKM Koltim Hasrul mengatakan, kupon ini nantinya akan di undi saat grand opening 7 Februari mendatang, jam 8 pagi di outlet Kosara Fresh, yang beralamat di Jalan Poros Desa Orawa, Kecamatan Tirawuta atau depan Kantor Kementerian Agamma Kolaka Timur.

Hasrul mengatakan, segala isi minimarket ini, adalah pemberdayaan para petani pelaku tanaman hortikultura termasuk perikanan, dan berbagai kreatifitas pelaku UMKM Koltim.

Forum UMKM Ikut Membantu Meriahkan HUT Kolaka Timur Ke-11

Ketika Kolaka Timur merayakan usia sebelas tahun pada tanggal 11 Januari kemarin. Berbagai kegiatan dirangkai untuk merayakan ulang tahun yang spesial ini. Pasalnya HUT ke 11 yang bertepatan dengan tanggal 11 ini akan menghadirkan band legenda pelantun lagu 11 Januari yaitu Gigi.

Upaya Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur untuk merayakan momen spesial ini disambut baik oleh para pelaku UMKM. Perayaan tersebut diyakini akan berdampak positif terhadap perkembangan UMKM di Kolaka Timur.

Ketua Forum UMKM Koltim, Hasrul menjelaskan bahwa dengan menghadirkan band ternama di HUT Kolaka Timur akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong dari luar untuk mengunjungi dan berbelanja di Kolaka Timur.  

“Tentu kami sambut baik, pasti banyak dari luar Koltim yang akan datang dan tentu belanja di UMKM”, ujar Hasrul.

Disinggung soal narasi yang berkembang tentang pemborosan anggaran di HUT Koltim, Hasrul mengungkapkan bahwa dirinya tetap optimis perayaan HUT Koltim akan meningkatkan perekonomian masyarakat Kolaka Timur. 

“Masing-masing punya opini, tapi bagi kami perayaan ini juga tidak kalah penting, karena memberi dampak luar biasa terhadap dunia usaha di Koltim, khususnya UMKM sebagai penggerak ekonomi utama di daerah kita ini”, tutupnya.

Produk UMKM Kolaka Timur Diapresiasi Bank Indonesia

Produk Aren Kolaka Timur atau Arentim, kembali menorehkan penghargaan dan megharumkan nama Kolaka Timur. UMKM lokal ini di apresiasi secara nasional dengan menyabet penghargaan Bank Indonesia Awards 2023, pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 bulan November 2023 lalu.

 Arentim binaan Hasrul SIP ini sebelumnya telah meraih UKM Pangan Award 2023, dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

 Arentim sendiri dianggap sebagai UMKM yang adaptif terhadap transformasi digital sehingga dapat berdampak positif terhadap ekonomi digital di Sultra. (Adv)

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *