Membangun Pengelolaan Administrasi Berbasis Aplikasi SIMONELA

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) saat ini tengah membangun pengelolaan administrasi berbasis aplikasi. Salah satu yang dilakukan adalah membuat plikasi E-Pengendalian dan Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Lapangan atau disingkat SIMONELA.

Aplikasi SIMONELA  yang merupakan pertama di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dilaunching oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur tahun 2023 lalu.

SIMONELA merupakan alat bantu untuk menginput data monitoring lapangan dan dan penyajian data dengan menggunakan data spasial, mengontrol dari pelaksanaan kegiatan fisik, dan pengadaan yang bersumber dari APBD.

Sekretaris Derah (Sekda) Kolaka Timur, Andi Muhammad Iqbal Tongasa merasa bangga Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur menjadi kabupaten yang pertama di Sulawesi Tenggara untuk menerapkan aplikasi E-Pengendalian dan SIMONELA.

“Semoga ini adalah semangat kita bersama dan bukti nyata bersama bahwa kita semua ingin ke depan Pemkab Koltim bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat Koltim,” ucap Sekda.

Suasana pelatihan penginputan aplikasi SIMONELA lingkup Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur. Foto: Diskominfo Kolaka Timur @ 2024

Namun launching aplikasi SIMONELA ini tidak akan sebatas seromoni saja. Olehnya itu Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur mempersiapkan sumber daya manusia untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur mengadakan pelaksanaan penginputan kegiatan Fisik/Konstruksi Pada Aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Lapangan (SIMONELA) dan Realisasi Anggaran ( E- Pengendalian) di Kota Kendari, bulan Februari 2024 selama dua hari.

Sekretaris Daerah Kolaka Timur Andi Muhammad Iqbal Tongasa saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa penginputan SIMONELA dan E-pengendalian adalah aplikasi  Pengendalian Pembangunan, Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran tahun anggaran 2024 Kolaka Timur.

Penginputan ini kata Sekda, merupakan kegiatan yang sangat penting guna mendapatkan informasi dan arahan kebijakan serta langkah-langkah kongkrit pemanfaatan APBD Kab. Kolaka Timur Tahun 2024 dan implementasi perencanaan program kegiatan pembangunan yang sedang berjalan terkait Visi dan Misi RPJMD Kab. Kolaka Timur Tahun 2021 – 2026 serta mengevaluasi realisasi fisik dan keuangan Tahun Anggaran 2024..

“Saya megimbau kepada segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait agar menjadikan dokumen ini sebagai salah satu rujukan dalam rangka penyusunan perencanaan yang tertuang dalam Rencana Kerja Perangkat daerah (RKPD) guna terwujudnya perencanaan yang berkualitas dan berdaya guna sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing,” imbau Sekda.

Oleh karena itu atas nama Bupati Kolaka Timur, Sekda memberikan penghargaan dan rasa terima kasih kepada Kabag Pembangunan mengembankan Aplikasi SIMONELA sebagai alat kontrol dalam pembangunan fisik/konstruksi dan terlaksananya kegiatan penginputan E-pengendalian. 

Pemkab Muna Studi Tiru Aplikasi SIMONELA ke Kolaka Timur

Aplikasi SIMONELA ternyata menarik Pemerintah Kabupaten Muna untuk belajar ke Kolaka Timur. Mereka ingin meniru bagaimana Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur bisa mengelola administrasi pemerintahannya dengan teliti.

“Itulah yang kemudian menjadi salah satu alasan kami memilih Kolaka Timur menjadi lokasi studi tiru kami,” kata Staf Ahli Bupati Muna, Ahmad Biku.

Kepala bagian (Kabag) Pembangunan Kolaka Timur, Irwansyah menjelaskan, aplikasi SIMONELA aplikasi ini hadir karena ide dari Bupati Kolaka Timur dan bimbingan Sekretaris Daerah Kolaka Timur, Andi Muhammad Iqbal Tongasa.

SIMONELA merupakan wujud bukti Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur ingin memastikan pelayanan, serta pelaksanaan pembangunan dilaksanakan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat Kolaka Timur. (ADV)

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *