Sekda Koltim: UMKM Mesti Bisa Menguasai Bisnis Berbasis Digital

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Transformasi digital sudah merambah ruang publik termasuk di sektor bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM, olehnya itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka Timur (Koltim) Andi Muhammad Iqbal Tongasa meminta para pelaku UMKM di Koltim untuk bisa tampil menguasai bisnis berbasis digital.

“Karena ke depannya digital marketing ini akan menjadi satu-satunya pilihan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, dan para Pelaku Usaha Mikro Kabupaten Kolaka Timur tidak boleh tertinggal dalam bidang ini,” ucap Sekda Koltim saat menyampaikan kata sambutan kegiatan Pemasaran Digital Koltim, Senin (8/7/2024) di Andika Futsal Desa Orawa.

Dekda mengatakan, jika Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) mempunyai tugas membantu Bupati Koltim dalam melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah di bidang pengembangan dan pemberdayaan UMKM.

“Pelatihan pemasaran digital ini sebagai bentuk tanggung jawab dinas perdagangan perindustrian koperasi usaha kecil dan menengah untuk membina pelaku usaha dalam meningkatkan produktifitas usaha khususnya dalam hal pemasaran produk,” jelasnya.

Sekda mengatakan, setidaknya ada 3 hambatan saat ini yang menjadi catatan mereka terhadap tantangan bagi pelaku usaha dalam meningkatkan omset penjualannya. Pertama, keterbatasan keterampilan menggunakan perangkat digital.

“Kedua, menyangkut akses layanan dukungan usaha dan ketiga keterbatasan akses dan minat yang rendah terhadap kredit serta perangkat keuangan,” ujar Sekda.

Ketiga, hambatan ini yang sedang dijawab oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim sebagai dukungan bagi pelaku usaha dan khususnya pada hambatan pertama terkait keterbatasan keterampilan dalam menggunakan perangkat digital dijawab pada pelatihan hari ini.

“Yakni pelatihan pemasaran digital yang akan mendorong pelaku usaha menjangkau lebih luas ruang pasar yang tentunya sejalan dengan harapan akan meningkatkan penjualan dan omset pelaku usaha,” kata Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Koltim, Supriadi mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Sekda Koltim men-support kegiatan pelatihan.

“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Bupati Kolaka Timur, selaku Kepala Daerah yang terus men-support pelaksanaan pengembangan dan pemberdayaan Usaha Mikro sebagai bagian dari Program GEMAS KOLTIM ( Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat Kolaka Timur), sehingga program ini senantiasa berdampak baik bagi usaha mikro khususnya dan masyarakat Kolaka Timur secara menyeluruh,” tuturnya.

Laporan: Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *