Paslon Damai Bakal Bangun Pabrik Dolomit di Koltim

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim) H Dalle Efendi dan Suhaemi Nasir punya visi membantu petani sekaligus menyuburkan tanah pertanian di Bumi Sorume yakni akan membangun pabrik pupuk Dolomit.

Calon Bupati Kolaka Dalle Efendi mengatakan, rencana pembangunan pabrik pupuk Dolomit karena dia melihat Kabupaten Koltim mempunyai potensi lahan batu kapur yang menjadi bahan baku pupuk tersebut.

“Saya temukan sekitar 900 hektare batu kapur yang bisa diolah sedemikian rupa bisa menyuburkan tanah,” katanya ketika mengunjungi Kecamtam Uluiwoi, Koltim belum lama ini.

Dalle Efendi mengatakan bahwa padi yang ada sekarang di Koltim ukurannya kecil. Menurutnya ini karena tanah sudah terkontaninasi pupuk kimia.

“Saya melihat sawah-sawah di sini padinya sudah kecil-kecil sudah rusak tanah kita itu oleh zat kimia. Oleh karena itu kita menyuburkan kembali tanah dengan pupuk dolomit. Insyaallah kalau saya terpilih, saya sudah niatkan untuk membangun pabrik pupuk Dolomit di Uluiwoi dan semua itu akan saya bagikan ke masyarakat,” katanya.

Dia menjelaskan, pupuk Dolomit dicampur pupuk ZA dampaknya luar biasa untuk tanaman pertanian maupun perkebunan. Akan menghasilkan buah yang bagus dan pertumbuhan akarnya lebih cepat sehingga meningkatkan produktifitas.

“Kalau ini kita usahakan maka pupuk ke depan atau nanti hasil produksi petani akan berdaya guna dan hasilnya dinikmati masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia bersama Suhaemi Nasir memiliki visi terwujudnya Koltim yang sejahtera, berdaya saing, agamais, dan berkeadilan.

“Tiga pilar ini menjadi dasar kami ke depan untuk memperbaiki Kolaka Timur,” ujarnya lagi.

Laporan: Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *