Dukung Program JKN-KIS, Koltim Diganjar Penghargaan UHC

TIRAWUTA, CORONGSULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) atau terwujudnya cakupan kesehatan semesta di Indonesia.

Penghargaan UHC diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada Pelaksana tugas (Plt) Bupati Koltim Abdul Azis, SH, MH didampingi Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Koltim Ir. Barwik Sirait M.Si, MPh, di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Pemberian penghargaan yang dibuka Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin ini, diraih atas keberhasilan Pemkab Koltim dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), sebagai program strategis nasional.

Atas raihan ini, Plt Bupati Koltim Abdul Azis menyampaikan jika ini membuktikan bahwa Pemkab Koltim memberi perhatian yang serius terhadap layanan kesehatan bagi masyarakat koltim sebagai wujud dari visi misi Koltim 2021-2026.

“Dan dengan ini juga, diharapkan masyarakat Koltim semakin aktif dalam memanfaatkan layanan kesehatan dari JKN-KIS ini. Sehingga, pelayanan dan taraf kesehatan masyarakat juga terjamin,” ucapnya.

Azis mengatakan, keberhasilan capaian UHC di Koltim tidak membuat berpuas diri, karena masih banyak pekerjaan lagi ke depannya, yakni bagaimana meningkatkan layanan kesehatan yang berkualitas, dekat dengan masyarakat secara terpadu promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

“Lalu, upaya peningkatan prasarana dan sarana kesehatan, jumlah dan kualitas nakes, serta penguatan manajemen, baik di puskesmas maupun RSUD,” pungkasnya.

Laporan: Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *