Pemprov Sultra Dorong Kabupaten/Kota Bikin Nasional Paralympic Committee

KENDARI, CORONGSULTRA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga setempat mendorong 17 Pemerintah Kabupaten dan Kota membikin cabang Nasional Paralympic Committee (NPC) di daerahnya masing-masing.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sultra, Trio Prasetio Prahasto ketika ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (18/1/2023).

“Kita berharap dengan NPC bisa hadir dan tumbuh di Kabupaten/Kota bukan hanya dominan di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara,” ucap Trio.

Menurutnya, banyak penyandang disabilitas di Sultra mempunyai bakat di keolahragaan, olehnya itu Trio berharap Bupati dan Wali Kota untuk mendukung program pemerintah memberdayakan orang-orang disabilitas bisa berkiprah di bidang olahraga sejajar dengan orang normal lainnya.

“Banyak (penyandang) disabilitas punya kemampuan tapi kendalanya di mana dia mau salurkan kelebihannya di bidang olahraga seperti catur, tenis meja ataupun bulu tangkis,” kata Trio.

Bahkan dia menyaksikan sendiri atlet-atlet disabilitas asal Sultra punya kelebihan dan terampil di beberapa cabang olahraga ketika tampil di ajang Paralympic Nasional (Peparnas) di Papua dua tahun lalu.

“Alhamdulillah kemarin kita bertanding di Pekan Paralympic tingkat nasional pasca perhelatan PON di Papua, dan Bapak Gubernur Ali Mazi mendukung program ini. Saya berharap pengurus NPC aktif baik koordinasi ke Dinas Kepora maupun sosialisasi NPC ke 17 Kabupaten/Kota,” tuturnya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *