Gubernur Ali Mazi Dengarkan Arahan Presiden di Rakernas APPSI

BALIKPAPAN, CORONGSULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menghadiri Rapat kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis, (23/2/2023).

Di Rakernas itu hadir secara langsung Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Gubernur, Wakil Gubernur, para Sekda, Forkopimda se-Indonesia, dan para Pengurus APPSI.

Presiden Jokowi dalam arahanannya mengingatkan, kewajiban Gubernur adalah bagaimana menjaga agar komsumsi rumah tangga terjaga dan meningkat di tahun 2024.

“Tahun 2022 komsumsi rumah tangga berada pada angka 4,93 persen dan diharapkan di tahun 2024 bisa muncul di angka 5,4 persen kalau ini terjadi pertumbuhan ekonomi otomatis ikut naik,” ucap Jokowi.

Jokowi menyinggung lambannya pemberian izin pada kegiatan event seni dan olahraga. Dia meminta kepada Gubernur jangan menghambat karena ini menyangkut belanja masyarakat.

Tidak hanya pada para Gubernur, Jokowi juga menyinggung masalah kurangnya pemberian izin kepada Event Organizer (EO) oleh polisi, sehingga problemnya 2 hari sebelum hari H izin baru keluar 3 hari sebelum hari H izin baru keluar.

“Saya perintahkan kapolri izin sebulan sebelumnya sudah harus keluar,” tegas Jokowi.

Orang nomor satu Indonesia ini menyampaikan kepada pemerintah daerah jangan fokus di tambang minerba, tapi di perikanan, pertanian, dan perkebunan memiliki potensi yang besar juga dan daerah-daerah di Indonesia memiliki ini semuannya.

Berkaitan dengan pangan, Jokowi bersyukur di Indonesia tidak merasakan kesulitanseperti di negara lain. Sepeti kekurangan pangan gandum sehingga kelaparan sudah banyak terjadi terutama di negara-negara afrika.

“Di tempat kita norma-normal saja, tapi hati-hati tolong dipantau dan dijaga betul terutama produksi beras kita harus cukup didaerah masing-masing,” ucap Jokowi kepada seluruh Gubernur yang hadir di acara Rakernas APPSI.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *