Kontingen Sulawesi Tenggara Ramaikan Fornas 2023

KENDARI, CORONGSULTRA.COM – Kontingen Olahraga dan Rekreasi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) siap meramaikan Festival Olahraga dan Rekreasi Nasional (Fornas) ke-VII di Jawa Barat (Jabar) tanggal 2 – 9 Juli 2023.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kepemudaan dan Olahraga Sultra Trio Prasetio Prahasto mengatakan, ajang Fornas diadakan dalam rangka membangun hubungan sosial, kesehatan, kebugaran, dan kegembiraan melalui olahraga dan rekreasi.

Forum olahraga dan rekreasi di Sultra kata Trio telah berhimpun dalam Komite Olahraga Masyarakat Indonesia atau disingkat Kormi. Induk organisasi ini berbeda dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang fokus pada prestasi olahraga.

“Kormi fokus dalam menggerakkan masyarakat agar giat berolahraga agar nantinya bisa meningkatkan sumber daya manusia yang sehat, unggul, dan berprestasi di bidang olahraga dan rekreasi,” kata Trio saat dihubungi lewat telepon, Senin (3/7/2023).

Mewakili Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubermur (Wagub) Lukman Abunawas, Trio menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada kontingen Kormi Sultra di ajang Fornas 2023.

Mantan Sekretaris DPRD (Sekwan) Sultra ini mengimbau atlet-atlet kontingen Sultra menjunjung sportifitas dan kebersamaan selama mengikuti cabang olahraga (Cabor) di Fornas.

Hari Minggu, (2/7/2023), Fornas resmi dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI) Dito Ariotedjo di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jabar.

Menpora menyebut FORNAS VII 2023 menjadi momentum yang pas untuk mempererat penguatan persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, ajang ini juga menguatkan rasa kebersamaan dan kegembiraan.

“FORNAS tahun ini jadi momentum penguatan persatuan dan kesatuan bangsa, juga menguatkan rasa kebersamaan dan kegembiraan,” ujar Menpora dalam sambutannya.

Menpora mengatakan, selepas acara ini seluruh induk olahraga dipandang perlu untuk makin aktif mengajak masyarakat terus bergerak dan berolahraga. Dia juga menginginkan olahraga harus menjadi pendekatan preventif. 

“Olahraga harus dijadikan investasi jangka panjang. Indonesia jauh lebih produktif dan lebih berdaya saing. Makin tinggi partisipasi masyarakat berolahraga, makin sehat dan bugar, dan makin tinggi pula kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Menpora menyampaikan apresiasi kepada tuan rumah Jabar yang telah menyelenggarakan Fornas VII 2023 dengan sangat meriah. Menpora Dito berharap ajang ini bisa menginspirasi dan semangat baru untuk aktif berolahraga.

“Salut dan bangga atas seluruh peserta yang berpartisipasi. Salut dan bangga atas semangat induk olahraga dan juga pegiat olahraga masyarakat dari seluruh Tanah Air. Semoga ini akan berdampak pada sport industry dan sport tourism di Jawa Barat,” tutur Menpora.

Di tempat sama, Ketua Kormi Sultra sekaligus Wagub H. Lukman Abunawas bersama Kadispora Sultra, H. Trio Prasetio Prahasto dan Sekum KORMI, Jaya Bhakti hadir di acara pembukaan Fornas.

Lukman Abunawas mengatakan, kontingen Kormi Sultra datang dengan 9 Induk Olahraga (Inorga) tambah satu Inorga untuk laga eksebishi.

“Tim kita sudah mengikuti pembukaan dan Sultra siap untuk unjuk kemampuan,” ujar Lukman Abunawas dikutip dari laman jendelasultra.

Sekretaris Kormi Sultra Jaya Bhakti mengatakan, ada 10 Inorga ikut dalam Fornas yaitu, Barisan Atlet Veteran Tenis Indonesia (BAVETI), Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia (FESPATI), Indonesia e-Sport Association (IESPA), Perkumpulan Praktis Yoga Nasional Indonesia (PPYNI), Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (PERBAFI), Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI), Komunitas Indonesia Skateboard (KIS), dan Indonesia Drum Corps Association (DCA).

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *