Buton Utara Wakili Sultra pada Lomba Masak Tingkat Nasional

BURANGA, CORONGSULTRA.COM – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Buton Utara (Butur) mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada ajang Lomba Masak Olahan Pangan Tingkat Nasional di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (14/5/2024).

TP PKK Buton Utara mewakili Sultra karena mendapatkan juara satu lomba olahan pangan lokal tingkat Provinsi di Unaha, Kabupaten Konawe belum lama ini.

Ketua TP-PKK Buton Utara Dra. Hj. Muniarty. M. Ridwan menjelaskan, TAPI PKK Butur terpilih menjadi perwakilan Sultra untuk mengikuti lomba masak olahan pangan tingkat nasional.

“Menu masakan olahan pangan yang dihadirkan unik, dan disusun sesuai tahapan menu sajian yang namanya terdiri dari menu pembuka Sinole Katapai dan menu utama Kasitela Mewalo, ditambah dengan menu Koloura Mokesa bola wijen dan Paria kambuh. Dilengkapi dengan minuman Jus Ndinou Pala dan Bakengkeu seladah buah,” ujarnya.

Dia mengatakan, memanfaatkan pangan olahan tentunya sejalan dengan program Presiden yaitu diversifikasi pangan, dengan melakukan olahan pangan pengganti beras menggunakan umbi-umbian dan lainnya.

“Kita juga mendorong masyarakat agar hal ini bisa menjadi makanan alternatif pangan lokal, sehingga kita tidak ketergantungan dengan beras, tapi kita bisa memanfaatkan kekayaan alam lokal kita yang sangat kaya sebagai substitusi dari beras,” katanya.

Tujuan lainnya kata anggota DPRD Sultra ini juga untuk meningkatkan kreatifitas ibu-ibu pengurus PKK baik di tingkat Provinsi, Kabupaten, Kota, Kecamatan maupun Desa serta bisa meningkatkan produksi dalam negeri dan peningkatan pangan lokal di daerah masing-masing, jelasnya saat stan lomba dikunjungi oleh tim juri Chef Arnes.

Ia mengapresiasi Kader PKK Buton utara sudah ikut berpartisipasi mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara dalam rangkaian Peringatan HKG PKK ke-52.

“Menu olahan kami ini enak, yang masak juga hebat, ada juga yang terbuat dari ubi jalar Kasitela Mewalo rasanya enak, termasuk Koloura Mokesa dari olahan Lobster,” pungkasnya.

REDAKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *